Di Penghujung Tahun 2019, Pemkot Bandung Resmikan RSKIA Modern

Bandung, Beritainspiratif.com – Di penghujung tahun 2019 ini Kota Bandung memiliki Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA). Bangunan yang berdiri di tanah seluas 4,5 hektare ini di resmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial di Jalan KH Wahid Hasyim (Leuwipanjang) Kopo Kota Bandung Selasa (31/12/2019).

Rumah Sakit RSKIA yang dilengkapi dengan kecanggihan teknologi modern ini terdiri dari 13 lantai, 8 ruang operasi, dan 500 tempat tidur, serta dilengkapi instalasi informatika yang canggih dan modern tersebut, diharapkan kedepannya akan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Alhmdulillah di penghujung tahun 2019 ini ada kado istimewa dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk warga Kota Bandung yaitu di resmikannya gedung RSKIA. Kedepannya kita akan meningkatkan lagi dengan kapasitas yang cukup mumpuni, mungkin kelasnya nanti naik, sekarang C Insya Allah menjadi A dan jadilah RSUD tapi tentunya dengan fasilitas RSKIA nya yang luar biasa,”ungkapnya.

Sementara itu, Direktur RSKIA Kota Bandung, Taat Tagore menyatakan, saat ini pihaknya memiliki 350 pegawai, termasuk di dalamnya 40 orang dokter. Namun untuk mengoperasikan seluruh fasilitas rumah sakit secara optimal, ia perlu 750 personil.

“SDM akan menyesuaikan dengan perkembangan berikutnya. Kita memang rencana buka di tahun 2020 ini, dan bisa menampung 200 tempat tidur untuk poli penyakit dalam, bedah, THT, mata, dan syaraf,”ucapnya.

Oleh karena itu, ia akan memberlakukan layanan secara bertahap menyesuaikan dengan kebutuhan pasien. Fokusnya saat ini adalah memindahkan layanan pasien rawat jalan ke tempat yang baru.

“Kalau secara langsung SDMnya untuk dokter, kita sudah memenuhi, tapi untuk perawatnya kita pengennya apa yang kita punya di rumah sakit lama kita pindahin dulu operasionalnya, setelah waiting list, cepet-cepet kita tambah SDM-nya untuk memenuhi jumlah tempat tidurnya. Kalau SDM nambah, layanan tempat tidurnya juga akan naik,” tuturnya.

(Mugni)

Bagikan: