Di Jepang Binatang Peliharaan Memiliki KTP Khusus Hewan

Beritainspiratif.com – Kartu Tanda Penduduk atau KTP Elektronik adalah identitas jati diri bagi warga, untuk keperluan administrasi lainnya yang mendukung program pembangunan serta sebagai data base kependudukan.

Akan tetapi di Jepang dengan kemajuan teknologinya yang canggih, membuat KTP digital yang dikhususkan untuk binatang peliharaan.

Kucing dan anjing yang saat ini memenuhi sebagian rumah warga dan menjadi peliharaan di Jepang, dianggap sebagai warga.

Binatang tersebut diurus dengan baik dan diberi fasilitas yang nyaman.

Untuk itu, sebuah perusahaan tekno bernama Peco bekerja sama dengan Prefektur Kanagawa. Sebuah terobosan diciptakan untuk binatang peliharaan, khususnya anjing dan kucing.

Seperti diungkap detikcom dari berbagai sumber, Sabtu (29/2/2020) terobosan tersebut adalah KTP digital untuk peliharaan.

KTP ini disediakan gratis untuk semua peliharaan warga Jepang. KTP digital ini berupa perangkat yang akan ditanam di bawah kulit hewan.

Penanaman perangkat ini mirip dengan vaksinasi. Setelah ditanam, KTP digital akan tetap ada sampai hewan peliharaan mati. Bahkan KTP digital ini bisa jadi pelacak jika hilang.

Beragam informasi akan ditanamkan di KTP digital ini. Mulai dari nama, jenis kelamin, foto, tanggal lahir dan data keluarga pemilik. Pemilik juga bisa menambahkan beberapa informasi berupa kemampuan spesial peliharaannya.

Semua informasi ini bisa menjadi bukti kepemilikan jika suatu saat sang hewan hilang atau dicuri.

Sistem microchip ini sudah dengan standar ISO (Organisasi Standar Internasional). Di bawah undang-undang saat ini, Jepang mengharuskan semua kucing dan anjing impor untuk memiliki microchip yang sesuai ISO. (*)

Bagikan: