Di Hari Ke-12 Pagelaran IRAU Malinau Catat 11 Rekor MURI



Malinau, Beritainspiratif.com – Pagelaran IRAU Kabupaten Malinau ke-9 tahun 2018, setelah 9 Rekor MURI tercapai kini 11 rekor dipecahkan dan dicatat dalam sejarah IRAU sebelumnya, yang dipecahkan oleh pemerintah daerah dan lembaga adat yang ada di Kabupaten Malinau, yang dilansir dari laman Rekor MURI, Sabtu (27/10/2018).

DPC Persekutuan Dayak Lundayeh Kabupaten Malinau meraih 3 rekor MURI yaitu lobang lesung terbanyak, alu terbanyak dan tungku terpanjang.

Lembaga Adat Besar Tidung Kabupaten Malinau mencatatkan rekor membuat kalatung (kentongan kayu) terbanyak dan bepupur dengan peserta terbanyak.

Lembaga Adat Dayak Kayan Kabupaten Malinau dengan rekor perisai terpanjang berhasil dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia Dunia.

Lembaga Adat Dayak Kenyah Kabupaten Malinau melalui pagelaran musik kolosal berhasil meraih rekor MURI untuk kategori pagelaran musik sampe terbanyak.

Persatuan Masyarakat Dayak Sa’ban Kabupaten Malinau berhasil meraih rekor Ani Ka’bo (kalung dan buah kalung) terbesar.

Pada hari kedua belas, Lembaga Adat Dayak Tahol Kabupaten Malinau menutup raihan Rekor MURI untuk gelaran IRAU ke-9 dengan memperoleh rekor bubu terpanjang.

Yusuf Ngadri, Dewan MURI yang hadir dalam setiap pemecahan rekor MURI pada IRAU ini mengatkan bahwa, perolehan MURI sebanyak 11 rekor merupakan sebuah maha karya budaya dari seorang Bupati Malinau yang tak ternilai harganya.       (Yanis)

Berita Terkait