Desain Ibukota Baru di Kalimantan Inilah 5 Pemenangnya, Pemerintah: ‘The Best of The Best’

Beritainspiratif.com – Dewan Juri bersama Pemerintah ( Menteri PUPR)  telah mengumumkan pemenang sayembara desain untuk Ibu Kota Negara (IKN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, proses seleksi yang dilakukan oleh tim juri cukup ketat, dari total 755 desain yang mengikuti sayembara akhirnya konsep kota modern di tengah hutan yang paling cocok untuk dibangun di sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

“Saya bahagia dan terharu, di ruangan ini kita membuat sejarah. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta. Saya bangga kapada semua yang berperan serta aktif untuk membuat gagasan desain ibu kota baru,” kata dia di Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019) kutip antara.

“Saya harap, setelah ini juara 1,2,3 dan 4,5 akan bisa saling berkolaborasi untuk membuat desain yang the best of the best,” tambahnya.

Sementara itu, perwakilan pemenang juara 1, Sibarani Sofian mengatakan, desain ibu kota Indonesia terinspirasi dari hutan belantara yang ada di Kalimantan.

“Setelah sebulan berusaha, desain kami terinspirasi dari hutan. Identitas nusa bangsa dan rimba yang dimiliki Indonesia kami padukan dalam konsep Nagara Rimba Nusa,” kata dia.

Sofian bersama dengan timnya akan melakukan kajian komparasi dari beberapa desain ibu kota di beberapa negara. Misalnya kekurangan apa yang dimiliki ibu kota Putrajaya di Malaysia, Washington DC, atau Astana di Kazakhstan

“Desain in tidak baru, tapi kami banyak mempelajari desain ibu kota di beberapa negara lain. Kami belajar dari kesalahan dan kekurangannya. Dari hasil kajian tersebut lahirlah sebuah formula yang tepat,” jelas dia.

Menurutnya lokasi ibu kota baru ini sangat berbeda dengan ibu kota di negara-negara lain pasalnya kata dia lokasi ibu kota baru mayoritas merupakan hutan.

“Tempat ini beda, di Kaltim. Kita melihat bagaimana kita membuat wilayah manusia yang ingin hidup di tengah hutan kota. Menhubungkan manusia dengan alamnya,” kata dia.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri, kelompok Nagara Rimba Nusa mendapatkan juara I, diikuti kelompok The Infinite City sebagai juara II dan kelompok Seribu Galur sebagai juara III.

Lebih lanjut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyambut dengan positif pemilihan pemenang sayembara desain ibu kota baru ini.

“Ini adalah sejarah baru. Ini bisa dikolaborasikan dan jadi karya yang lebih baik,” ujarnya.

Ditambahkan Basuki, pihaknya  akan mengajak para desainer untuk melihat kondisi lapangan secara langsung agar desain bisa diimplementasikan dengan baik.

Dirinya mengatakan, jika memungkinkan maka karya dari para desainer, baik juara I hingga juara harapan II, bisa dikolaborasikan agar saling melengkapi.

“Ini bukan desain final, kita akan ke lapangan dulu untuk melihat apakah desain bisa diimpelementasikan. Mungkin ada fine tuning di sana,” imbuhnya.

5 pemenang sayembara desain ibukota baru ini menyisihkan 287 peserta lain dari tahap pengiriman karya hingga penilaian akhir.

Daftar pemenang sayembara desain ibu kota baru:

Juara 1: Nagara Rimba Nusa Juara

Juara 2: konsep elevated city network sebagai bagian dari pelestarian alam Indonesia dengan judul desain The Infinite City

Juara 3: konsep tenunan keberagaman sebagai perwujudan identitas bangsa Indonesia dengan judul Seribu Galur

Harapan 1: konsep sumbu kota yang mencerminkan ruang linear dengan judul Zamrud Khatulistiwa

Harapan 2: konsep parade kota formal monumental dengan perumahan berbasis kanal dengan judul Banua Rakyat Nusantara


Yanis

Bagikan: