Desa Wisata dengan Motif Etnik Terbanyak Catatkan Rekor MURI



Malinau, Beritainspiratif.com - Dilansir dari laman Rekor MURI pada 17 Oktober 2018, di lokasi Pulau Sapi yakni sebuah desa wisata yang ada di Kecamatan Mentarang yang merupakan bagian Pemerintah Kabupaten Malinau untuk mewujudkan Malinau sebagai daerah wisata, telah mencatatkan Rekor MURI dengan katagori “Desa Wisata dengan Rumah Bermotif Etnik Terbanyak” pada Senin (15/10/2018).

Selain ditetapkan sebagai desa wisata, pada desa tersebut juga telah disiapkan gazebo yang berada di pinggir sungai serta jogging track, dan pada setiap RT telah menyediakan penginapan bagi para wisatawan dan di Balai Adat Desa didirikan 2 patung serta replika buaya yang merupakan ikon Dayak Lundayeh.

Desa yang memiliki 458 rumah, termasuk rumah ibadah dan kantor pemerintah, seluruhnya dihiasi dengan ornamen motif etnik Lundayeh. Motif etnik tersebut menggambarkan lambang ikatan kelompok dan persaudaraan yang erat, tidak mudah dipecah belahkan serta memiliki kekuatan yang sama.

Atas prestasi tersebut Desa Wisata tersebut telah dicatatkan dalam Rekor MURI Nomor 8678, dengan Rekoris Pemerintah Kabupaten Malinau, yang terbit pada pada 17 Oktober 2018.    (Yanis)

Berita Terkait