Desa Tersana di Kabupaten Cirebon Bakal Jadi Desa Sentra Ikan Gurami



Cirebon,Beritainspiratif.com - Desa Tersana, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, diwacanakan sebagai desa sentra ikan gurami, ini dikarenakan desa Tersana memiliki potensi alam yang cukup baik untuk membudadyakan ikan air tawar tersebut.

Hal ini disampaikan Kuwu (Kepala Desa.red) Tersana, Sarja Sugendri, kepada beritainspiratif.com, Selasa (9/7/2019).

"Budidaya ikan gurami di desa kami sekarang sedang diminati warga, dari awalnya hanya 5 orang yang membudidaya ikan gurami, sekarang jumlahnya sudah mencapai 17 orang," ujar Sarja yang merupakan bapak kandung dari vokalis Setia Band, Charly Van Hoten tersebut.

Sarja juga mengatakan, selain memiliki keuntungan ekonomis yang cukup tinggi, ikan gurami dinilai lebih mudah merawat dibanding ikan air tawar lainnya.

"Untuk ikan gurami konsumsi dengan kualitas terbaik harganya bisa mencapai Rp 30 ribu sampai Rp 38 ribu, kalau melihat harga jelas lebih menguntungkan dibandingkan jenis ikan tawar lainnya," katanya.

Untuk mendukung program desa Tersana sebagai sentra ikan gurami, dikatakan Sarja, pihaknya akan menyiapkan tanah bengkok untuk dialih fungsikan sebagai kolam atau tambak pemeliharaan ikan gurami.

"Nanti Pemdes akan bekerjasama dengan Bumdes, untuk pelaksnaan nya nanti," tandasnya.

Ditambahkan Sarja, dengan program Tersana menjadi sentra ikan gurami ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat desa Tersana sendiri. (Dekur)

Berita Terkait