Desa Digital, Cara Pemprov Jabar Hadapi Revolusi Industri 4.0



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemprov Jawa Barat tengah menyiapkan sebuah lompatan transformasi peradaban, dengan membangun purwarupa Desa Digital di Desa Losarang Kabupaten Indramayu yang akan diluncurkan pada Senin (8/12/2018).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Desa Digital adalah bagian dari skenario Jawa Barat dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Menurutnya, melalui program tersebut masyarakat desa bisa memanfaatkan aplikasi digital, untuk meningkatkan pendapatan serta mengembangkan potensinya.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menjelaskan, dengan hadirnya program Desa Digital masyakat desa bisa menjadi lebih produktif.

"Tak hanya urusan wifi, tapi mengubah cara berdagang, cara berkomunikasi, memetakan potensi dan mempromosikan wisata desanya melalui sebuah digital ekosistem," ujarnya saat berbicara pada Leaders Talk di Bandung, seperti dikutip dari rilis humas pemprov. Jabar, Minggu (9/12/2018).

Para petani, tambah Emil, nanti bisa berdagang secara online. "Petani akan dilatih supaya melek terhadap digital commerce. Berdagang murah dengan aplikasi mudah," tuturnya.

Untuk mewujudkan hal itu, Pemda Prov Jabar menggandeng eFishery bersama dengan Telkomsel, PT Suri Tani Pemuka, Bank bjb, dan Telkom University. Mereka berkolaborasi dalam mengembangkan sektor budidaya perikanan, dengan menghadirkan Kampung Perikanan Digital di Desa Losarang, Kabupaten Indramayu.

Kampung Perikanan Digital didukung oleh penerapan teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) dari Telkomsel pada alat automatic fish feeder dari eFishery yang menggunakan pakan ikan dari PT Suri Tani Pemuka (STP) di kolam-kolam ikan untuk meningkatkan efisiensi pakan serta mempercepat siklus panen ikan.

Vice President Corporate Planning Telkomsel Andi Kristianto mengatakan, “IoT" menjadi salah satu elemen penting untuk mendukung roadmap pemerintah Indonesia.

"Making Indonesia 4.0” Telkomsel, secara konsisten terus meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan untuk menghadapi tren IoT yang sedang berkembang secara global.

Melalui kolaborasi antara Telkomsel, eFishery dan Japfa membuktikan, bahwa teknologi IoT kini sudah memasuki seluruh sendi-sendi kehidupan tidak hanya di industri besar tetapi juga dapat diterapkan ke semua sektor industri termasuk sektor perikanan.”

Head of Aquafeed and Supporting PT Suri Tani Pemuka, Ardi Budiono mengatakan “Kampung Perikanan Digital menandakan keseriusan JAPFA – PT Suri Tani Pemuka dalam mengembangkan industri budidaya perikanan yang berkelanjutan khususnya di Desa Losarang, Indramayu.

"Sinergi dengan eFishery dan Telkomsel, menandakan bahwa perusahaan kami selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada demi memajukan industri budidaya perikanan di Indonesia," kata Ardi.(Ida)

Berita Terkait