Dengan Lakon ‘Mantu Poci’ Teater RSPD Kota Tegal Raih Juara Umum Parade Teater Daerah 2019

Tegal, Beritainspiratif.com – Penyelenggaraan Parade Teater Daerah (PTD) Ke 8 di Sasono Langen Budaya TMII Jakarta, berhasil membawa Teater RSPD Kota Tegal yang membawakan lakon berjudul ‘Mantu Poci’, karya Saeful Mu’min yang disutradarai oleh Yono Daryono, keluar sebagai juara umum pada acara yang digelar pada Sabtu, (22/6/2019).

Teater RSPD Tegal yang hadir mewakili Jawa Tengah berhasil meraih tiga penghargaan masing-masing penyaji terbaik, sutradara terbaik Yono Daryono, dan aktor terbaik Mameth Suwargo.

“Kami bersyukur bisa mempersembahkan prestasi terbaik bagi Jawa Tengah, khusunya Kota Tegal. Itu semua berkat kerja keras semua pihak,” ungkap Daryono.

Dikutip dari TribunJateng.com dijelaskan bahwa judul ‘Mantu Poci’ adalah sebuah gelar adat yang ada di daerah pesisir Kota Tegal. Inti adat tersebut, yaitu berlangsungnya pesta perkawinan antara sepasang poci tanah.

Ada pun tradisi Mantu Poci dilaksanakan apabila ada pasangan suami istri yang sudah menikah namun belum dikaruniai keturunan. Kemudian mereka berniat menggelar pesta hajatan layaknya keluarga yang lain.

“Sebagai gantinya, mempelainya adalah sepasang poci raksasa yang dihiasi dan didandani layaknya sepasang kekasih,” jelasnya.

Parade Teater tersebut diikuti oleh tujuh provinsi, meliputi Jambi, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, Riau, Aceh dan Kepulauan Riau. (Yanis)

Bagikan: