Demokrat Merapat ke Jokowi, Poros Ketiga Mustahil



Jakarta, Beritainspiratif.com - Pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), J.Kristiadi mengatakan kecil kemungkinan adanya poros ketiga di Pilres 2019.

Menurutnya, hanya akan ada 2 poros di Pilpres 2019, dan peluang rematch antara Jokowi dan Prabowo akan kembali terulang di Pilres 2019.

" Peluang munculnya poros baru (Pilres 2019) sangat kecil. Pilres 2019 nanti hanya akan ada 2 poros di Pilpres 2019, yaitu koalisi Jokowi dan koalisi Prabowo," katanya di Jakarta.

Menurutnya, Partai Demokrat yang disebut-sebut akan membentuk poros ketiga bersama PAN dan PKB, kemungkinan akan merapat ke koalisi Jokowi.

 

" Prediksi saya Partai Demokrat akan merapat ke kubu Jokowi," katanya.

Lanjutnya, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan sendiri telah mengatakan bahwa poros ketiga Pilres 2019 sesuatu yang mustahil.

 

Sejauh ini, sudah ada lima Parpol yang telah menyatakan akan mendukung Jokowi maju sebagai calon presiden 2019 yaitu Partai Nasdem, PPP, Golkar, Hanura dan PDIP.

 

Sementara dua Parpol koalisi pendukung pemerintah, PAN dan PKB belum menentukan sikap.

Sementara itu, Gerindra diprediksi akan berkoalisi dengan PKS untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden bertarung melawan Jokowi di Pilres 2019.

(Yones)

Berita Terkait