Demi Hadiri Wisuda Putrinya, Orangtua Ini  Mengayuh Sepeda dari Cilacap ke Ponorogo



Ponorogo, Beritainspiratif.com - Seorang ayah bernama Muhammad Juni (54) rela bersepeda dari Cilacap ke Ponorogo demi menghadiri prosesi wisuda putrinya.

Rencana untuk bersepeda dari Cilacap ke Ponorogo demi menghadiri wisuda putrinya ternyata sudah ada di benak Muhammad Juni (54) sejak lama.

Saat mengunjungi anak saya di Pondok Gontor, banyak santri yang pakai sepeda onthel. Saya berkeinginan beli sepeda jenis serupa," tutur warga Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Cilacap ini kepada detikcom, Kamis (26/7/2018).

Iapun menabung untuk dapat membeli sepeda onthel selama satu tahun agar bisa membeli sepeda klasik tersebut, dari hasil gajinya menjadi perangkat desa.

Setelah tabungannya terkumpul, Juni begitu gembira bisa membeli sepeda onthel seharga Rp 8 juta.

Setelah saya beli, terus saya modifikasi dengan tambahan dua kantong di belakang, sebagai wadah kalau saya bawa barang-barang," jelasnya.

Junipun langsung mendaftar ke komunitas sepeda Kosti (Komunitas Sepeda Tua Indonesia). "Dari sana banyak teman dan saudara baru buat saya. Saya pun termotivasi naik sepeda ke luar kota," terangnya.

Bahkan untuk mempersiapkan fisik dan staminanya, bapak dua anak ini berlatih dengan membiasakan naik sepeda kemanapun pergi. Jika sebelumnya Juni selalu naik motor dalam kesehariannya, setahun belakangan kebiasaan itu diubah.

Tak disangka, ada manfaat lain yang dirasakan Juni setelah mengubah kebiasaannya itu. Ia merasa sehat dan jarang sakit sejak rajin gowes.

Saya kan semakin tua, ingin hidup sehat juga dengan cara berolahraga. Salah satunya dengan cara bersepeda," ungkapnya.

Ia pun bersyukur dengan keberaniannya menaiki sepeda onthel sejauh 450 km demi menghadiri momen wisuda putri bungsunya. Bahkan banyak warga yang terenyuh dan mengagumi perjuangannya.

Yanis

Berita Terkait