Dekranasda Gelar Sayembara Penamaan Gedung, Angkat Ciri Khas Jawa Barat



Bandung, Beritainspiratif.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat (Dekranasda Jabar) menggelar sayembara nama, nama tersebut akan digunakan untuk penamaan gedung Dekranasda Jabar di Jalan Ir H. Juanda Kota Bandung. Hal tersebut diungkapkan ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil, saat jumpa pers di Gedung Sate Senin (5/11/2018).

Lomba pemilihan nama ini digelar agar masyarakat mengetahui bahwa di gedung Dekranasda terdapat berbagai produk dan oleh-oleh khas Jawa Barat.

"Sebetulnya saat ini gedung Dekranasda itu sangat bagus dan bahkan terbaik di Indonesia, tapi karena namanya gedung dewan jadi orang segan untuk masuk, nanti dengan perubahan nama ini diharapkan masyarakat mau datang ke gedung Dekranasda untuk mengetahui produk-produk khas Jawa Barat apa yang ada di sana," paparnya.

Pihaknya berharap jika nama Dekranasda dirubah maka Dekranasda tidak seperti gedung-gedung pemerintah lainnya yang terkesan formal, tapi sebagai galeri tempat menjual produk khas Jabar dan itu bisa diakses oleh semua masyarakat.

"Nama dekranasda tidak berarti dirubah juga, hanya mungkin ditambahkan untuk memberi tahu bahwa Dekranasda adalah galeri kerajian Jawa Barat yang bebas diakses siapa saja," tambahnya.

Terkait teknis lomba, pihaknya menjelaskan untuk penjuriannya langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil serta sejumlah juri dari akademisi budayawan dan pihak lainnya, adapun untuk juara diambil satu orang dengan mendapat hadiah sebesar 25 Juta Rupiah.

"Lomba ini sedang berlangsung sejak 27 Oktober hingga 28 November dan pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 November 2018 mendatang, jurinya akan langsung salah satunya sama pak Gubernur, juga ada unsur lainnya," Kata Atalia.

Adapun untuk info lebih lanjut para peserta yang ingin mengikuti lomba bisa mengakses akun Instagram Dekranasda Jawa Barat @jabardekranasda atau mengakses tautan bit.ly/namagedungdekranasdajabar

Atalia praratya Kamil menambahkan nama yang akan terpilih nanti juga tidak hanya menjadi nama gedung Dekranasda saja namun juga akan menjadi nama khusus outlet di seluruh Indonesia yang menyediakan produk-produk khas daerah Jawa Barat nantinya.    (Tito)

Berita Terkait