Dalam Monumen Ini Terdapat Sebuah Mesin ATM yang Dibuat dari Tembok Berlin



Berlin, Beritainspiratif.com - Sebuah patung atau monumen biasanya dibuat sebagai peringatan akan suatu peristiwa penting, lalu patung atau monumen tersebut dipajang.

Seniman Michael Elmgreen dan Ingar Dragset membuat monumen dengan material yang berasal dari bagian Tembok Berlin. Uniknya, di dalam instalasi tersebut disisipkan mesin ATM yang beroperasi 24 jam.

Selain mesin ATM, dalam instalasi monumen ini, Elmgreen dan Dragset menggabungkan obyek lain yang terlihat tidak terkait, yakni segmen tirai besi yang pernah memisahkan Berlin Timur dan Barat.

Keberadaan instalasi di Berlin ini merupakan donasi dari seorang kolektor bernama Heiner Wemhoner dan akan dipajang di depan gedung Hamburger Bahnhof. -(Elmgreen & Dragset), sebagaimana dilansir Kompas.com.

Selain itu, penggunaan dua obyek ini mewakili dua sistem yaitu kapitalis barat dan komunis timur. Sebelumnya, Tembok Berlin menjadi simbol pengekangan kebebasan. Lebih lanjut, patung peringatan ini dinamai Statue of Liberty.

Instalasi yang dinamai Statue of Liberty ini terinspirasi dari Patung Liberty yang monumental dan menjadi simbol kebebasan saat menyambut para imigran datang pertama kali ke Amerika Serikat.

Statue of Liberty dibuat sebagai karya peringatan untuk pemisahan Jerman, sebuah monumen yang mengingat waktu yang hilang setelah jatuhnya tembok, dan peringatan tentang sejarah dan kota.

Perpaduan aneh ini menggambarkan keadaan Kota Berlin yang saat ini berkembang sangat pesar sejak jatuhnya tembok pembatas yang melambangkan perang dingin pada masanya. (Yanis)

Berita Terkait