Dalam Lima Tahun Mendatang 11 Pasar di Kota Bandung Direvitalisasi



Bandung, Beritainspiratif.com - Dalam kurun waktu lima tahun ke depan Pemkot Bandung bakal merevitalisasi 11 pasar dan pada tahun 2019, akan dilakukan terhadap dua pasar yakni Astanaanyar dan Andir melalui skema investasi yang disesuaikan dengan ketersediaan APBD 2019.

PJ Dirut PD Pasar Bermartabat Kota Bandung Andri Salman menyampaikan “Sore ini kita akan dilakukan penandatanganan MoU revitalisasi Pasar Sederhana dan Astanaanyar dengan PT PP dan beberapa BUMN, Perumnas dan PT WIKA," ungkap Andri usai menghadiri HUT PD Pasar Bermartabat ke-11 di Pasar Sarijadi, Kota Bandung, Rabu (5/11/2018).

Proses revitalisasi Pasar Sederhana akan difokuskan pada bangunan yang terbakar, sedangkan Pasar Astanaanyar akan dibuat bangunan baru di atas pasar lama, ujar Andri.

Selain itu dalam lima tahun ke mendatang revitalisasi akan dilakukan terhadap 11 pasar seperti Cijerah, Simpang Dago dan Kiaracondong.

Untuk menunjang rencana tersebut, PD Pasar telah mengajukan tambahan modal sebesar Rp 262 miliar pada pemerintah, namun pemerintah mengharapkan PD Pasar bisa mandiri.

"Berarti harus memanfaatkan dengan menjual kios-kios yang belum laku yang ada di Pasar Andir dan Pasar Baru. Kita jual untuk 25 tahun ke depan," ucap Andri.

Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap PD Pasar Bermartabat semakin matang dan dewasa dengan menghadirkan keadilan sebagai fondasi utama pembangunan.

"Adil itu PD Pasar dalam pengelolaannya harus on the track dengan hukum positif dan norma-norma. Insyaallah kabeh ge (semua juga) bakal beres. Lamun ayeuna masih keneh kumuh pakewuh moal beres nepi ka kiamat ge (kalau sekarang masih saja kumuh tidak akan beres sampai kiamat)," ujar Oded.

(Yanis)

Berita Terkait