Covid-19, Kendaraan Nganggur di Garasi Inilah Tips Merawatnya



Beritainspiratif.com - Di masa pandemi virus Corona yang telah berlangsung di Indonesia sejak 2 Maret 2020 hingga 1 Mei 2020 sudah hampir menginjak 2 bulan mobil dan motor menganggur di garasi rumah.

Ditambah lagi beberapa daerah sudah memberlakukan PSBB, sehingga terjadi pembatasan aktivitas di luar rumah dan otomatis volume menggunakan kendaraan pun menjadi lebih sedikit dipakai, dan tentunya kita lebih banyak bertransaksi secara online.

Dengan kondisi demikian tentunya perawatan sederhana tetap harus kita lakukan terhadap kendaraan, atau sekurang-kurangnya enam tahapan perawatan ini mesti dilakukan selama mobil ‘menganggur’ di garasi.

Seperti dikutip dari keterangan resmi Daihatsu pada Rabu (29/4/2020) yang dilansir mobil123.com, berikut 6 tahapan perawatan kendaraan yang berdiam di garasi:

1.         Panaskan Mobil
Panaskan mobil paling tidak satu sampai dua kali tiap pekan. Ini dilakukan untuk merawat dan menjaga daya yang tersimpan di dalam aki.

Menurut data Daihatsu, mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya aki sebesar 3 persen dari kapasitasnya tiap hari. Saat memanaskan mobil, atur posisi kendaraan agar asap tak langsung masuk ke dalam rumah.

2.         Angkat Wiper
Perhatikan tempat Anda menyimpan mobil. Jika berada di luar rumah atau mendapat cukup banyak paparan matahari secara langsung, angkat lah wiper.

Cara ini dapat mencegah wiper cepat rusak. Pasalnya, saat suhu panas, karet wiper akan lebih cepat rusak jika terus menempel pada permukaan kaca depan.

3.         Perhatikan Area Parkir
Kondisi area parkir juga dapat menentukan tampilan mobil Anda. Area luar rumah atau yang mendapat banyak sinar matahari secara langsung akan membuat cat mobil pudar serta kusam.

Jika terpaksa parkir di luar, setidaknya pastikan mobil menggunakan cover yang berkualitas bagus. Pastikan pula mobil masih dapat terpantau dan berikan tambahan kunci setir demi keamanan.

4.         Jaga Kondisi Ban
Tekanan angin dapat berkurang saat mobil diparkir dalam waktu lama, apalagi di garasi berlantai keramik. Karena itu, tambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari kondisi normal.

Tak cukup sampai di situ, pemilik kendaraan juga dianjurkan memaju-mundurkan kendaraan minimal seminggu sekali. Ini agar permukaan ban bertumpu merata sehingga kerusakan ban akibat deformasi dapat dicegah.

5.         Pasang Rem Parkir
Demi keamanan, aktifkan rem tangan atau rem parkir meski tempat parkir ada pada bidang yang rata demi memastikan mobil tidak meluncur dengan sendirinya. Untuk transmisi otomatis, posisikan tuas di huruf ‘P’ (Parking).

6.         Cuci Mobil
Mencuci mobil secara rutin demi menjaga kebersihan serta keawetan sisi eksterior-interior mobil tak kalah penting. Ini juga dapat membuat mobil terbebas dari bakteri atau virus yang menempel. Cuci mobil minimal sepekan sekali.

(*)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta