Cirebon Bakal Miliki Destinasi Wisata Baru



Cirebon,Beritainspiratif.com - Cirebon dibagian barat, tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, memiliki bangunan yang diperkirakan bangunan tersebut dibangun sejak jaman penjajahan Belanda.

Bangunan sebagai saksi bisu sejarah ini oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon akan disulap menjadi destinasi wisata baru, Pemda Kabupaten Cirebon akan menyulap kereta bangunan tua itu seperti kota tua yang ada di Jakarta.

"Bangunan kuno yang ada di Serang dan Jamblang ini akan kami jadikan kota tuanya Cirebon," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, H Hartono, saat ditemui sejumlah awak media belum lama ini.

Hartono mengatakan, ide dari wacana kota tua Cirebon, bermula dari pemikiran yang disampaikan oleh Pj Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc.

"Cirebon memiliki keunggulan tersendiri, seperti halnya di Kecamatan Jamblang. Dengan gedung-gedung tua yang dibangun sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Bangunan-bangunan tua di kawasan Jamblang masih berdiri kokoh. Rencana kami ke depan, kalau sudah dibuat DED (Detail Engineering Design), nanti akan dijadikan tempat wisata gedung tua, seperti di Jakarta dengan kota tuanya. Jadi, bangunan itu tetap seperti semula. Tapi akan kita tata dan rapikan. Untuk program yang paling mendesak adalah menyulap warnanya dulu,” paparnya.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan pendataan kepada masing-masing bangunan yang beberapa di antaranya masih berpenghuni. Penataan tersebut, akan dilakukan pada triwulan ke-3.

“Karena gedung-gedung itu pemiliknya ada yang di luar kota. Dan perlu diketahui, di situ ada cagar budaya, yakni Klenteng Jamblang. Ada juga rumah tinggal di sekitarnya yang termasuk gedung cagar budaya. Kalau cagar budaya tidak bisa diubah bentuknya, paling kita lestarikan keunikannya,” imbuhnya.

(Dekur)

Berita Terkait