CFF 2019 : Masyarakat Semakin Akrab Dengan Pembayaran Non Tunai dan QRIS



Cirebon, Beritainspiratif.com - Gelaran Cirebon Fintech Festival (CFF) 2019 selama 2 hari pada 9 - 10 November 2019 yang berlangsung di Cirebon Super Blok (CSB) Mall, secara resmi berakhir semalam, pada Minggu, (10/11/2019).

Kepala KPwBI Cirebon Fadil Nugroho dalam sambutannya menyampaikan dengan berakhirnya CFF ini, diharapkan masyarakat nantinya akan semakin akrab dengan pembayaran non tunai.
"Acara ini bertujuan untuk mengedukasi dan memperkenalkan perkembangan Fintech kepada masyarakat ini, diharapkan nantinya masyarakat akan semakin akrab dengan pembayaran non tunai dan QRIS", ungkap Fadil.

Perkembangan Fintech yang begitu pesat, Bank Indonesia sebagai regulator di bidang sistem pembayaran telah menerbitkan Peraturan Bank Indoensia (PBI) Teknologi Finansial (Tekfin) pada akhir 2017.

Sejak diterbitkannya PBI dimaksud, telah terdaftar 58 Penyelenggara Teknologi Finansial (PTF) di Bank Indonesia. Selain itu, Bank Indonesia juga mengeluarkan sejumlah kebijakan dibidang sistem pembayaran yang disusun menjadi Visi Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025, salah satu implementasinya adalah dengan diluncurkannya QR Code Indonesia Standar (QRIS) yang bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selain dibidang sistem pembayaran, perkembangan lain juga terjadi pada Fintech yang bergerak pada kategori deposit, lending dan capital raising yang menjadi kewenangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cirebon Fintech Festival (CFF) 2019 digelar dengan tujuan antara lain :

  1. Memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait perkembangan teknologi khususnya terkait dengan ekonomi digital, inklusi keuangan dan ekosistemnya.
  2. Memberikan pemahaman terkait implementasi teknologi finansial oleh industri/pelaku Fintech secara langsung.
  3. Memberikan inspirasi kepada generasi muda dan startup lokal khususnya di wilayah III Cirebon untuk berinovasi dibidang teknologi keuangan digital.
  4. Mengenalkan adanya alternatif transaksi pembayaran dan inovasi keuangan secara digital yang efektif dan efisien untuk mendorong kegiatan ekonomi pelaku usaha dan masyarakat.
  5. Memberikan pengalaman (experience) secara langsung kepada masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital, dengan menggunakan Quick Response Indonesian Standar (QRIS) yang dapat ditransaksikan di merchant penyelenggara Fintech dalam kegiatan.
  6. Memberikan ruang konsultasi dari regulator maupun industri, yang luas dan terbuka kepada masyarakat umum dan pelaku usaha untuk menggunakan layanan fintech, baik di bidang sistem pembayaran maupun lending/funding.
    Membuka peluang dan jalan hadirnya kolaborasi antara para penyelenggara fintech, pemerintah daerah, industri dan para pemangku kepentingan.
  7. Mempertimbangkan peran fintech dalam ekosistem keuangan digital yang saling terkait, maka sinergi para pemangku kepentingan, baik regulator maupun pelaku, menjadi penting untuk memberikan efek positif bagi perkembangan ekonomi dan keuangan digital serta mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Kegiatan Cirebon Fintech Festival 2019 yang berlangsung selama 2 hari ini terbagi dalam dua bentuk kegiatan, yakni talkshow dan ekshibisi Fintech.

Sesi Talkshow diisi dengan pemaparan dan diskusi interaktif mengenai topik-topik yang berkaitan dengan teknologi dan digital ekonomi, khususnya fintech oleh para ahli, baik dari regulator, pelaku bisnis fintech, dan narasumber lainnya.

Sementara, dalam ekshibisi fintech dihadirkan booth para penyelenggara fintech untuk konsultasi/coaching clinic kepada masyarakat atau pelaku bisnis dalam penggunaan layanan fintech.
Layanan yang dapat dilakukan, seperti pendaftaran merchant (Merchant on Boarding QRIS), layanan top up Uang Elektronik (UE), pembiayaan online, dan lainnya.

Ada pula booth produk/merchant yang dihadirkan untuk memberi pengalaman langsung kepada masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital, menggunakan QRIS yang dapat ditransaksikan di merchant penyelenggara fintech selama kegiatan.

CFF juga menyuguhkan sejumlah hiburan dari artis nasional dan lokal, tari tradisional dan modern, standup comedy, sampai doorprize dan permainan lain.

Yanis

Berita Terkait