Cek Jalur Mudik, Kapolres Cirebon : H -7 Pasar Sandang Bersih dari Pedagang

Cirebon,Beritainspiratif.com – Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto, bersama Dir Binmas Polda Jabar, Kombes Pol Badya Wijaya dan jajaran Polres Cirebon, melakukan pengecekan jalur yang akan dilalui pemudik di wilayah hukum Polres Cirebon, Kamis (23/5/2019).

Ada beberapa ruas jalan yang menjadi perhatian dari pihak kepolisian yang diprediksi akan terjadi penumpukan pada saat arus mudik 2019, salah satunya adalah pasar sandang terbesar se Asia Tenggara yakni pasar sandang Tegal Gubug, yang berada di Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Untuk itu pihak kepolisian mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak pasar sandang, dan disepakati kalau H-7 pedagang yang biasa menjajakan dagangannya di sepanjang bahu jalan akan ditertibkan terlebih dahulu.

“Seluruh pedagang yang berjualan di bahu jalan akan ditarik masuk ke dalam pasar. Begitu pun dengan sejumlah tukang becak yang biasa mangkal di depan pasar Tegalgubug,” ujar Kapolres kepada awak media.

Dikatakan Kapolres, upaya (pedagang masuk pasar.red) yang dilakukan pihaknya ini agar tidak mangkal di bahu jalan depan pasar, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Cirebon untuk memberikan kompensasi kepada para tukang becak tersebut.

“Kesepakatan tersebut sudah berdasarkan rapat lintas sektoral yang digelar sebelumnya. Bahkan, kesepakatan tersebut juga sudah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya sejak tahun 2017,” katanya.

Selain membersihkan pedagang dari bahu jalan, Polres Cirebon juga akan menutup sejumlah u turn (putaran arah) yang ada di sepanjang pasar Tegalgubug.

“Untuk u turn di depan pasar Tegal Gubug akan ditutup supaya tidak terjadi putaran kendaraan yang mengakibatkan kemacetan,” ujar Suhermanto.

[Dekur]

Bagikan: