Cegah Penyebaran Virus Covid-19, PT KAI Daop 2 Kembali Kurangi 9 Perjalanan Kereta



Bandung, Beritainspiratif.com - PT KAI Daop 2 kembali mengurangi jadwal perjalanan KA penumpang, melalui kebijakan pembatalan sejumlah perjalanan kereta api.

Jika sebelumnya ada 7 KA yang dibatalkan dan 4 relasi KA yang diperpendek, kali ini PT KAI Daop 2 kembali membatalkan 9 perjalanan kereta api. Pembatalan diberlakukan mulai 29 - 31 Maret 2020.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, kebijakan tersebut guna mendukung program pemerintah agar masyarakat mengurangi mobilitasnya dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona.

Baca Juga:Antisipasi-penyebaran-covid-19-pt-kai-daop-2-sesuaikan-jadwal-perjalanan-ka

Menurut Noxy, kereta-kereta yang biasanya berhenti di Stasiun Tasikmalaya, mulai hari ini (29/3) tidak lagi berhenti di stasiun tersebut.

“Hal ini sebagai dukungan terhadap langkah karantina lokal yang dilaksanakan Pemkab Tasikmalaya,” ungkap Noxy.

Berikut disampaikan pengurangan perjalanan kereta di Daop 2 mulai tanggal 29 sampai 31 Maret 2020 :

  1. KA Turangga Bandung - Surabaya Gubeng
  2. KA Mutiara Selatan Bandung - Surabaya Gubeng - Malang
  3. Argo Wilis Bandung - Surabaya Gubeng
  4. KA Malabar Bandung - Malang
  5. KA Pangandaran Bandung - Banjar
  6. KA Pangandaran Banjar - Bandung
  7. KA Pasundan Kiaracondong - Surabaya Gubeng
  8. KA Galunggung Kiaracondong - Tasikmalaya
  9. KA Galunggung Tasikmalaya - Kiaracondong.

Sementara kereta api dari Bandung ke arah timur atau sebaliknya yang tidak berhenti di stasiun Tasikmalaya dari tanggal 29 - 31 Maret 2020 adalah :

  1. KA Kahuripan Kiaracondong - Blitar
  2. KA Kahuripan Blitar - Kiaracondong
  3. KA Kutojaya Selatan - Kiaracondong - Kutoarjo
  4. KA Kutojaya Selatan Kutoarjo - Kiaracondong
  5. KA Serayu Pagi Purwokerto Kiaracondong - Pasar Senen.
  6. KA Serayu Pagi Pasar Senen - Kiaracondong - Purwokerto
  7. KA Serayu Malam Purwokerto - Pasar Senen
  8. KA Serayu Malam Pasar Senen - Kiaracondong - Purwokerto.

Noxy menyatakan calon penumpang KA yang sudah melakukan pemesanan tiket pada KA yang dibatalkan, akan dikonfirmasi oleh pihak PT KAI melalui nomor telepon yang tertera pada saat pemesanan.

Pengembalian bea pembatalan diberikan penuh atau 100 persen (full refund). Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen, juga berlaku bagi calon penumpang KA yang jadwal keberangkatannya selama masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret-29 Mei 2020.

"Kami mohon maaf atas dibatalkannya sejumlah perjalanan KA. Semoga pandemi ini segera membaik dan perjalanan KA akan kembali normal seperti sedia kala,” tutur Noxy.

Ia menambahkan sejak tanggal 1 hingga 27 maret 2020, sekitar 22.000 tiket untuk keberangkatan sampai 90 hari ke depan telah dilakukan proses pembatalan baik melalui loket stasiun dan jalur online.

Guna menghindari kerumunan, calon penumpang dihimbau melakukan pembatalan tiket secara online menggunakan aplikasi KAI Access.

“Guna mempermudah proses pembatalan tiket KA, kami sarankan agar penumpang yang ingin membatalkan tiket memanfaatkan aplikasi KAI Acces, karena lebih mudah dan tidak perlu datang ke loket stasiun. Beli tiket dimanapun, misalkan pembelian melalui stasiun atau channel penjualan resmi lainnya, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access,” papar Noxy.

Menurut Noxy, layanan pembatalan melalui KAI Acces bisa dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum waktu keberangkatan KA.

Jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang bisa datang langsung ke loket pembatalan yang ada di stasiun. Terdapat lima (5) stasiun di wilayah Daop 2 Bandung yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh yakni di Stasiun Bandung, Banjar, Kiaracondong, Purwakarta dan Tasikmalaya.

(Ida)

Berita Terkait