Cegah Penyebaran Kusta, Dinkes Rajin Sosialisasi Door to Door



Cirebon,Beritainspiratif.com – Masih banyaknya daerah rawan penyebaran penyakit kusta di Kabupaten Cirebon, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon terus melakukan upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi penyakit kusta secara door to door ke beberapa desa yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon setiap hari turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan ke sejumlah desa yang endemik penyebaran penyakit kusta,” ujar Kabid P2P Dinkes Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, Selasa (16/4/2019).

Dikatakan Nanang, kegiatan pemeriksaan dan sosialisasi yang dilakukan pihaknya ini dilakukan pada masyarakat penderitaan kusta khususnya di Desa yang masuk rawan penyebaran kusta.

“Penyakit kusta ini masuk kategori menular dan bisa di obati selama setahun penuh. Saat ini ada 36 lokasi dari 27 Puskesmas yang sementara ini kami lakukan pemeriksaan di daerah endemik kusta di Kabupaten Cirebon,” papar nya.

Dikatakan Nanang, ICF (Intensif Cases Finding) sebagai deteksi dini di berbagai wilayah endemik, sejauh ini target 36 lokasi di 27 Puskesmas dengan target bisa di selesaikan pada awal bulan Mei, adapun Kabupaten Cirebon telah sukses dalam menurunkan penderita kusta di bawah 1% dari jumlah penduduk Kabupaten Cirebon.

“Saat ini ada 65 Desa suspek endemik penyebaran kusta, untuk tahap awal pihaknya melaksanakan pemeriksaan di 36 lokasi, setiap hari melakukan pemeriksaan di 2 puskesmas yang dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut dengan harapan Kabupaten Cirebon bisa bebas kusta,” jelasnya.

Ditambahkan Nanang, penyakit kusta ini penyakit menular yang sebetulnya susah menularnya, pihaknya terus melakukan edukasi pada masyarakat bahwa kusta itu bukan penyakit kutukan namun bisa diobati selama setahun, saat ini di Kabupaten Cirebon penderita kusta dibawah 1 persen berarti 1/10.000 penduduk, artinya Kabupaten Cirebon sudah bebas kusta.

[Dekur]

Berita Terkait