Cegah Penyakit DBD, Dinkes Ajak Warga Berprilaku Cerdik dan PHBS



Bandung,Beritainspiratif.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengajak masyarakat untuk mengendalikan penyakit-penyakit yang berpotensi muncul di musim hujan. Salah satunya yaitu penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sejak tahun lalu, Dinkes Kota Bandung telah mencanangkan Program Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J). Program ini merupakan gerakan untuk memberantas sarang nyamuk di setiap rumah, sekolah, dan tempat-tempat umum.

"Saat musim penghujan, dimana genangan air banyak, sehingga nyamuk berkembang biak dengan cepat. Seharusnya masyarakat memberantas secara rutin selama 1 minggu 1 kali,"kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung,  Rosye Arosdiani di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kamis (3/10/2019).

Menurutnya, selain memberantas tempat perindukan nyamuk, Dinkes Kota Bandung mengajak masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Diantaranya yaitu dengan berprilaku CERDIK ( Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktifitas fisik, Diet yang seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kendalikan stres).

"Dengan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, agar ketika berada dalam kondisi yang cukup ekstrem, suhu tubuh yang turun tidak akan menyebabkan daya tahan tubuh kita menjadi lemah. Salah satunya yaitu dengan berprilaku cerdik,"paparnya.

Selain itu, Dinkes Kota Bandung mengajak masyarakat untuk berprilaku PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)

"Prilaku ini bisa di mulai dengan mencuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun,"jelasnya.

Lebih lanjut Rosye mengatakan, hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah DBD yaitu melakukan pemberantasan dengan 3M+.

"Menguras air, Menutup penampungan air, Memilah sampah, dan Menggunakan obat anti nyamuk. Kita juga bisa menyimpan tanaman-tanaman yang tidak di sukai oleh nyamuk. Seperti sereh, lavender, dan kulit jeruk,"pungkasnya. (Mugni)

Berita Terkait