Cegah Erosi Tanah, Forkopimda Jabar Tanam Akar Wangi di Jembatan Biru Citarum Sektor VI



Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat, menanam pohon vetiver (akar wangi) di sekitar Jembatan Citarum atau jembatan biru bantaran Sungai Citarum Sektor VI, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jumat (31/1/2020).

Tanaman akar wangi dipilih untuk ditanam karena mampu melindungi tanah dari erosi dan toleran terhadap kekeringan.

Tumbuhan monokotil ini pun memiliki akar yang dalamnya bisa mencapai 5 meter sehingga tahan cuaca ekstrem, api, dan arus kuat, serta cocok ditanam untuk keseimbangan alam pada lahan miring.

Baca Juga:Pantau-penanganan-covid-19-forkopimda-bagikan-sembako-ke-jabar-selatan

Gubernur mengatakan, penanaman akar wangi di Dayeuhkolot merupakan bagian dari gerakan menanam pohon, untuk mengembalikan kondisi-kondisi lahan kritis di kawasan Sungai Citarum.

“Mungkin ambisius, tapi Insyaallah dengan gerakan menanam pohon bersama, maka lingkungan Jawa Barat bisa kembali asri dan hijau seperti yang kita harapkan,” ucapnya.

“Mudah-mudahan komitmen kami, Forkopimda Jawa Barat, terhadap isu rehabilitasi lingkungan ini menghasilkan kualitas lingkungan yang lebih baik, mengurangi banjir, dan kerusakan lingkungan,” tambahnya.

Ia mengatakan, dalam waktu bersamaan TNI juga sedang menargetkan rehabilitasi dan normalisasi 100 situ-situ di Jabar untuk mengembalikan volume air yang seharusnya, sehingga air bisa diparkir untuk mengurangi potensi banjir ke arah Jakarta, Bekasi dan lainnya.

(Ida)

Berita Terkait