Cegah Corona, RW 13 Sukamiskin Kota Bandung Gelar Penyemprotan Massal

Bandung, Beritainspiratif.com – Sebagai upaya mendorong partisipasi warga di tingkat RT dan RW dalam mendukung Pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19, Pengurus RW 13 Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung menggelar penyemprotan disinfektan massal yang berlangsung pada Rabu, (8/4/2020).  

Ketua RW 13 Sukamiskin Kota Bandung Yayan Istiandi menyampaikan bahwa penyemprotan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona ini dilakukan di 7 RT sekaligus serentak pada area pagar halaman jalan rumah warga mulai dari RT 01 hingga RT 07.

“Ya kami melakukan penyemprotan pada bagian depan luar rumah sebanyak 7 RT sekaligus diseluruh wilayah RW 13 Sukamiskin, sedangkan untuk bagian dalam rumah kami telah sosialisasikan ke warga untuk dilakukan penyemprotan masing-masing,” ujarnya.   

Ditambahkan Ketua RW 13 Sukamiskin, mengingat area yang cukup luas di wilayah kami, maka penyemprotan disinfektan dilakukan oleh 4 Tim yang dilengkapi dengan standard Alat Pelindung Diri (APD), sarung tangan dan masker. Tim tersebut terdiri dari:

  • Tim 1, dari At Tashdiq Initiative dan Sinergi Kebaikan Ummat, melakukan penyemprotan mulai dari Jalan Atletik 1 sampai jalan Atletik 13, yang merupakan wilayah RT 02 sampai RT 06  
  • Tim 2, dari PMI Kec.Arcamanik Kota Bandung melakukan penyemprotan wilayah  diluar komplex yang terdiri dari RT.01 dan Jogging (bagian dari RT.03)
  • Tim 3, penyemprotan dilakukan oleh Tim PMI Kec.Arcamanik pada kawasan jalan raya Arcamanik endah dan jalan raya Golf Barat, juga dibantu penyemprotan 4 kendaraan pemadam kebakaran yang lewat dari Dinas Kebakaran Kota Bandung, wilayah ini masuk ke RT.01 dan RT.02  
  • Tim 4, Penyemprotan disinfektan oleh mobil Tanki dari kelurahan dilakukan pada malam hari sebelumnya, dilanjutkan pagi harinya oleh Tim PMI Kecamatan Arcamanik pada area yang belum dilakukan penyemprotan di Blok H dan A wilayah RT 07 Pesona – Perluasan.

Klik Lihat Video Penyemprotan:

https://www.youtube.com/watch?v=OLH1zdTuqDM

https://www.youtube.com/watch?v=Oblx0hbxUX0&t=42s

https://www.youtube.com/watch?v=01HjbwC0M_I&t=10s

Kegiatan penyemprotan di wilayah RW 13 Sukamiskin dihadiri dan disaksikan langsung oleh Lurah Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung Farida Agustini, S.Pd.MM.

Dalam kesempatan tersebut Lurah Sukamiskin Farida Agustini, tidak henti hentinya melakukan sosialisasi dan menyampaikan himbauan kepada warganya untuk selalu mentaati himbauan pemerintah dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dalam memerangi pandemi Covid-19 di wilayahnya.

Lurah Sukamiskin berpesan kepada seluruh warga untuk selalu menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan selalu gunakan Masker.

“Saya harapkan kepada seluruh warga dalam upaya meminimalisir penyebaran virus corona, agar selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, yakni selalu cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, serta Hindari menyentuh  wajah sebelum cucin tangan,” pesan Lurah.

Ditambahkan Farida kepada warga diminta, untuk menahan diri tidak keluar rumah jika tidak penting sekali dan senantiasa menjaga jarak serta patuhi anjuran dari Pemerintah di rumah saja.

“Janganlah keluar rumah jika tidak penting, apalagi kurang sehat, jaga jarak hindari kontak fisik (physical distancing),  gunakan  masker serta ikuti protokol yang telah ditetapkan pemerintah dan WHO, di rumah saja”  tegas Farida.

Pada bagian akhir Lurah Sukamiskin menyampaikan terima kasih kepada Tim penyemprotan dari At Tashdiq Initiative dan Sinergi Kebaikan Ummat serta PMI Kec.Arcamanik Kota Bandung.

“Terima kasih kepada semua tim yang telah melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah RW 13 Sukamiskin, dengan harapan semoga pandemi covid-19 ini dapat segera berlalu, dan kerjasama yang telah terjalin ini diharapkan tetap terus terjaga,”pungkasnya.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian dalam membantu para pekerja (ojek, Satpam, Petugas kebersihan dan lainnya) yang terdampak Covid-19, dan ada disekitar wilayah RW 13 Sukamiskin diberikan bantuan.

Bantuan yang diberikan disampaikan oleh masing-masing RT dan DKM seperti RT.03, RT 07 dan DKM Masjid Asy Syifa Wal Hidayah.

Bantuan tersebut merupakan kegiatan sosial berupa penggalangan dana untuk bantuan masker, sarung tangan, hand sanitizer, pembelian Sembako dan pengadaan APD untuk tenaga medis yang disalurkan melalui Puskesmas Arcamanik.

Yanis

Bagikan: