Cegah Banjir, Pemkot Bandung Minta Warga Ikut Bersihkan Sungai



Bandung,Beritainspiratif.com - Kepala Dinas Pekerjan Umum Kota Bandung Didi Ruswandi meminta agar warga Kota Bandung berkontribusi dalam kegiatan pembersihan sungai.

Hal itu, dilakukan guna memiminimalisir potensi banjir yang kemungkinan terjadi setiap musim hujan mengguyur Kota Kembang.

"Sedimentasi sungai sudah terjadi. Jadi pak wali kota menginstruksikan ke kami di DPU untuk menggelar kegiatan beberesih sungai, yang akan di gelar selama tiga pekan berturut turut," kata Didi di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kamis (3/10/2019).

Rencananya, kegiatan tersebut bakal berlangsung sejak tanggal 9-31 Oktober. Adapun teknis lokasi sungai mana yang akan dibersihkan, itu tergantung kajian dari pemerintah kecamatan.

Lebih lanjut Didi mengatakan, Setiap kecamatan harus sudah menyetorkan laporan lokasi sungai mana yang akan dibersihkan maksimal pada 5 Oktober mendatang.

"Nanti masing-masing pemerintah kecamatan kami instruksikan agar melapor ke bagian humas, sungai mana yang akan di bersihakan, baru setelah itu di publish ke masyarakat," kata Didi.

Sementara itu, target jumlah relawan, Didi menyebut mencapai 1.510 an orang. Angka tersebut berdasarkan target minimal sepuluh orang perkelurhan, dari jumlah 151 kelurahan di Kota Bandung

"Kalau dari DPU ada 360 personil, kita target minimal 10 orang perkelurahan, jadi sekitar 1.500 lebih," ujarnya.

Pihaknya mengatakan, perintah pak Wali Kota Bandung harus mencapai 1.800 -2.000 orang.

"Mudah-mudahaan (jumlah relawan) bisa lebih. Dan harapanya selama musim hujan kita juga bergerak terus,"pungkasnya. (Mugni)

Berita Terkait