Cegah Banjir Pagarsih, Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi Citepus

Bandung, Beritainspiratif.com – Sebagai upaya untuk mencegah datangnya banjir, Pemerintah Kota akan kembali membangun kolam retensi. Kali ini, kolam retensi akan dibangun di Jalan Bima, Kecamatan Cicendo Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, dengan adanya kolam retensi diharapkan mampu menahan aliran Sungai Citepus, sehingga bisa mengurangi banjir di hilir, termasuk di Pagarsih.

“Sirnaraga bisa mengurangi ketinggian banjir Pagarsih, dulu cukup besar. Semoga, dengan bertambah kolam retensi di sini, ketinggian banjir di Pagarsih semakin berkurang,” ucap Oded usai melakukan cangkulan pertama di Kolam Retensi Citepus, Kota Bandung Kamis (30/1/2020).

Kolam retensi Sirnaraga dibangun di atas lahan 1.792 m2 itu mampu menampung air hingga 3.335,26 m3. Air yang melewati Sungai Citepus ditampung sementara sehingga tidak langsung mengalir ke hilir. Cara tersebut mampu mengurangi dampak banjir di Sirnaraga dan sekitarnya.

Sementara itu, kolam retensi Citepus rencananya akan dibangun dengan luas sekitar 2.500 meter persegi dengan kedalaman 3 meter.

“Para pakar menyampaikan, salah satu upaya mengurangi banjir, dengan memperbanyak kolam retensi,” ucapnya.

Selain itu, pembangunan kolam retensi di Jalan Bima ini menjadi hasil kolaborasi bersama Istana Grup. Untuk itu, Ia mengimbau kepada para perusahaan swasta, BUMD ataupun BUMN yang ada di Kota Bandung untuk bergandengan tangan ikut mendorong pembangunan dan pengentasan masalah perkotaan, tanpa terkecuali menangani masalah banjir.

“Jadi memang persoalan pembangunan Kota Bandung memang tidak hanya bisa mengandalkan APBD semata. Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak swasta yang ada di Kota Bandung yang bersedia berkolaborasi membangun Kota Bandung. Khususnya dalam pembangunan kolam retensi,”jelasnya.

(Mugni)

Bagikan: