Cegah Banjir Karena Pendangkalan Sungai, Warga Desa Pegagan Lor Cirebon Bersihkan Muara

Cirebon, Beritainspiratif.com – Pemerintah desa dan masyarakat Pegagan Lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon bahu membahu membersihkan muara sungai Tumaritis yang sudah mengalami pendangkalan, Kamis (31/1/2019).

Kuwu (kepala desa.red) Pegagan Lor, Hj Ii Fariyani, mengatakan, pendangkalan muara sungai Tumaritis ini sangat mengganggu sekali, karena aliran air di sungai jadi terganggu, sehingga terjadi genangan yang cukup membahayakan.

“Bila pendangkalan ini dibiarkan, kami khawatir ada kejadian yang tidak di inginkan, seperti banjir dan lain sebagai nya,” ujar Hj Ii.

Lebih lanjut Hj Ii mengatakan, pendangkalan yang terjadi di muara sungai tumaritis terjadi dari pasang surutnya sungai laut Jawa.

“Akibat pasang surut ini biasanya membawa lumpur, dan lumpur ini yang mengendap lama kelamaan kan bisa jadi tanah,” jelas Hj Ii.

Selain itu, lanjut Hj Ii, kegiatan gotong royong pembersihan muara ini juga sebagai salah satu upaya untuk menghadapi musim penghujan, sehingga pada saat insensitas hujan tinggi tidak ada genangan air, dan air bisa langsung mengalir ke laut.

“Biasanya kami mendapat bantuan normalisasi dari BBWS, sembari menunggu bantuan itu, kami lebih memilih untuk swadaya agar aliran sungai bisa berjalan lancar,” katanya.

Hj Ii berharap dengan kegiatan gotong royong ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya pada musim penghujan ini. Hj Ii juga berharap masyarakat bisa menjaga lingkungannya terutama pada musim penghujan ini.

(Dekur)

Bagikan: