Cawalkot Oded, Minta Semua Pemda Terdampak Banjir Cicaheum Gelar Koordinasi

Bandung, Beritainspiratif.com – Perlu adanya koordinasi antarwilayah bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, demikian dikatakan Calon Walikota Bandung, Oded M Danial dalam kunjungannya ke wilayah terdampak banjir bandang di kawasan Cicaheum kamis (22/3) kemarin,
menanggapi adanya informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa limpasan air (run-off) dari Utara yang sudah mencapai 70%. Sehingga aliran airnya besar dan membuat jebol tanggul yang berada di kawasan Mandalajati dan menyebabkan luapan air bah setinggi 2 meter yang menerjang dataran rendah.

Dilansir dari Pikiran Rakyat terkait dengan solusi untuk menahan air dari kawasan Bandung bagian Utara, Oded menyampaikan bahwa hal itu bukan wilayah Kota Bandung. Wilayah yang berada di atas bagian timur Bandung merupakan wewenang Kabupaten Bandung dan sebagian Kabupaten Sumedang.

Untuk solusi secara parsial di Kota Bandung, Oded mengimbau warga untuk membersihkan sampah-sampah di saluran-saluran air.

Upaya untuk jangka menengah bisa membuat sodetan-sodetan guna memperlancar arus sungai agar tidak merusak Kirmir ataupun tanggul, serta pembangunan kolam-kolam retensi.

“Dengan adanya musibah banjir ini, Mang Oded mengimbau warga untuk bersabar, saling menguatkan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Karena hakekatnya musibah itu berasal dari Alloh dan kepada-Nya lah kita meminta pertolongan agar diberi solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, ” tuturnya.

(Kaka)

Bagikan: