Cara Praktis Menyiapkan Santap Saur



Bandung, Beritainspiratif.com -Menyiapkan santap sahur memang membutuhkan tenaga ekstra terlebih bila seharian penuh dengan aktifitas sehingga waktu subuh merupakan waktu istirahat yang paling enak tetapi harus menyiapkan makan sahur.

Jangan sampai stamina Anda drop akibat kelelahan menyiapkan sahur.

Sikapi masalah ini dengan membuat sajian sahur yang sekaligus menjadi santapan berbuka di malam sebelumnya. Sehingga saat sahur, Anda cukup memanaskannya saja.

Mengutip Femina, berikut beberapa masakan yang semakin enak justru ketika sudah dihangatkan.

1. Kalio

Kalio adalah rendang yang belum mengering. Buat dalam jumlah banyak agar bisa disimpan untuk disajikan di hari lain. Jika sudah bosan dengan kalio, panaskan terus hingga mengering dan menjadi rendang. Bisa juga memasaknya dengan bahan selain daging sapi, ayam dan pakis misalnya.

2. Sayur Lodeh

Sajian jawa ini berisi berbagai macam sayuran, labu siam, kacang panjang, terung, nangka dan lainya. Ciri khasnya adalah menggunakan daun dan buah melinjo dan santan. Semakin dihangatkan, rasa sayur ini akan semakin legit. Cocok untuk sahur.

Tambahkan lauk sederhana seperti tempe goreng atau telur dadar.

3. Sayur asem

Serupa dengan sayur lodeh, hanya saja tidak menggunaan santan dan ada penambahan asam di dalamnya. Rasanya asamnya membuat sahur terasa lebih segar.

4. Soto

Selain rasanya yang menjadi lebih legit saat dipanaskan kembali, manyejikan soto untuk sahur terbilang praktis karena menu ini tergolong one dish meal. Anda tidak perlu menyiapkan lauk tambahan saat menyajikannya.

5. Rawon

Sajian asal Surabaya yang menggunakan bumbu keluak.  Cukup siapkan telur asin dan kerupuk udang sebagai pendampingnya.

6. Gulai

Cita rasanya kaya akan rempah. Untuk mengimbanginya, sajikan bersama acar yang segar.

7. Opor

Jika tidak terlalu suka masakan berempah seperti gulai, opor bisa menjadi pilihan. Rasanya yang tidak pedas, cocok untuk menu sahur anak.

8. Balado

Tidak berkuah seperti masakan lainnya. Namun, sajian ini juga lebih enak jika sudah melalui proses penghangatan. Hampir semua bahan makanan dari daging hingga sayuran, cocok dimasak balado.

9. Sup

Berkuah bening dan segar membuat sajian ini mudah disantap ketika sahur. Selain sup ayam dan sayuran, bisa juga membuatnya dengan iga atau buntut sapi.

10. Pindang

Rasanya menyegarkan seperti sayur asem. Namun, bahan utamanya sajian ini umumnya daging atau ikan.

(Kaka)

Berita Terkait