Cara Mengatasi HP Yang Terendam / Kena Air



Beritainspiratif.com - Banjir melanda Jakarta dan sekitarnya menimbulkan berbagai macam kendala, musibah hingga kerugian material. Dalam aktifitas sehari-hari kitapun selalu membawa ponsel yang digunakan untuk bekerja dan lainnya.

Namun bagaimana jika dalam perjalanan kita kejebak banjir hingga ponsel basah, jatuh digenangan air banjir, atau ditempat lainnya yang berisi air, dan berakibat ponsel terendam air.

Memang sudah banyak ponsel yang memiliki fitur water resistant atau anti air, namun banyak juga handphone yang belum memboyong fitur tersebut. Namun bagaimana jika handphone anda belum memiliki fitur anti air, tentunya akan rusak.

Tidak perlu khawatir karena kami menyampaikan trik cara penanganan ponsel yang kena/terendam air, sebagaimana dilansir dari dewailmu.id berikut ini:

Saat Ponsel jatuh kedalam air

  1. Jangan menyalakan ponsel, sebab air dan listrik tidak bersahabat.
  2. Jangan menekan tombol apapun.
  3. Jangan goyangkan handphone
  4. Jangan sekali kali meniup lubang karena hal ini justru akan mengirim air ke bagian handphone yang lebih dalam. Dan ini dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada handphone anda.
  5. Jangan menggunakan pemanas apapun, karena layar/lcd akan sensitif jika terkena panas.

Cara Mengatasi HP Kena Air

1. Keluarkan Kartu SIM, Baterai, Dan Kartu SD

Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korslet. Jika anda telah melepaskan casing belakang. Lepaskan baterai (jika baterai tanam cukup lepaskan kartu sim dan kartu sd), kartu SIM dan kartu SD. Letakkan semuanya di atas handuk kertas atau tisu.

2. Keringkan LCD Terlebih Dahulu

Jika di handphone memiliki bercak-bercak pada layar lcd nya, karena handphone tersebut pernah terjatuh ke dalam air dan dibiarkan kering dengan sendirinya. Karena peran LCD sangat vital, jadi saya sarankan fokus keringkan LCD terlebih dahulu.

3. Kubur Handphone Ke Dalam Beras

Karena beras bersifat menyerap air dan dapat menyerap semua air dalam handphone anda yang tercelup air. Kubur handphone dalam beras sekitar 2-3 hari agar air dalam handphone benar-benar hilang sepenuhnya.

4. Keringkan Baterai, SIM, Dan Kartu SD Dengan Kain Atau Tisu

Cara mengatasi hp kena air selanjutnya yakni keringkan komponen handphone seperti baterai, kartu sd dan sim menggunakan tisu. Gosok dengan lembut komponen tersebut agar tidak rusak.

5. Gunakan Kipas Angin Jika Anda Tidak Ingin Menggunakan Beras

Jika anda masih belum percaya jika beras dapat menghilangkan air dalam handphone, anda bisa menggunakan alternatif lainnya seperti menggunakan kipas angin, namun cara ini tidak saya sarankan karena mengeringkan handphone yang terkena air membutuhkan waktu yang lama.

Jadi menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama dapat menghabiskan banyak daya listrik alias boros listrik. Saya lebih menyarankan anda mengeringkan handphone dengan menguburnya dalam karung/baskom penuh beras.

6. Biarkan Handphone Anda Kering Dengan Sendirinya

Anda bisa mengeringkan handphone dengan sendirinya selama satu sampai dua hari jika anda tidak ingin susah-susah. Selama satu sampai dua hari jangan tergoda untuk menyalakannya untuk melihat handphone sudah normal atau belum.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda para pengguna android dan teman-teman sekalian.

Yanis

Berita Terkait