Cara Mencuci Masker Kain yang Dianjurkan WHO



Beritainspiratif.com - Di tengah pandemi virus Corona, alat pelindung diri (APD) berupa masker menjadi penting sekali.

Penggunaan masker kain sesuai anjuran pemerintah, merupakan salah satu langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Masker kain dianggap praktis dan murah karena bisa dipakai kembali setelah dicuci. Apalagi saat ini, semakin banyak tutorial masker kain yang bisa kita buat sendiri.

Bagi orang sehat, WHO sudah menganjurkan untuk menggunakan masker kain. Walau tidak efektif seperti masker medis, namun masker kain bisa mengurangi penyebaran kuman secara signifikan.

Disamping itu, masker kain ini lebih ramah lingkungan dan tentu bisa digunakan berkali-kali. Tapi jangan lupa untuk menjaga kebersihannya dengan rajin mencucinya secara benar agar terbebas dari kuman, bakteri, hingga virus yang berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari WHO dan The Wall Street Journal, berikut adalah 5 tahapan cara membersihkan masker kain.

Cara mencuci masker kain

  1. Gunakan air panas dengan suhu 140 - 150 derajat Fahrenheit (65,556 derajat Celcius), sehingga efektif membunuh kuman dan virus corona.
  1. Gunakan deterjen dan rendam beberapa saat. Jika sudah, kucek masker hingga kotoran luruh.
  2. Bilas di bawah air mengalir hingga busa hilang sempurna.
  3. Keringkan di bawah sinar matahari atau bisa juga menggunakan pengering panas.
  4. Setrika dengan suhu panas untuk memastikan bakteri dan virus mati sempurna.

Masker kain siap digunakan kembali. Agar masker bisa dipakai dengan nyaman, maka kamu bisa juga meneteskan minyak aroma terapi favorit untuk membantu mengatasi rasa pengap saat memakai masker.

Selamat mencoba! (*)

Berita Terkait