Camat Arcamanik Meletakan Batu Pertama Program KOTAKU di RW 05 Sukamiskin

Bandung, Beritainspiratif.com – Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) merupakan program penanganan pemukiman kumuh menjadi pemukiman layak huni yang berada di perkotaan melalui pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat yang memberikan peranan kepada masyarakat yang lebih besar, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Camat Arcamanik Firman Nugraha pada acara peletakan batu pertama Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang berlokasi di wilayah RW.05 Mekarjaya, Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, pada Selasa, (29/10/2019).

Lebih lanjut Camat Arcamanik mengingatkan salah satu pertimbangan dikuncurkan program KOTAKU ini adalah warganya yang selalu kondusif dan aman. Dengan adanya program bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“saya harapkan dengan alokasi ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, mengingatkan alokasi ini kedepan jarang mendapatkannya lagi, untuk itu diminta apa yang sudah diprogramkan penggunaannya, agar betul-betul dapat dimanfaatkan dan dilaksanakan dengan baik serta seoptimal mungkin dengan disertai dukungan dari seluruh warga masyarakat’, harap Firman.

Camat Arcamanik, juga memberikan apresiasi atas transparansi yang telah ditunjukkan oleh Ketua BKM, sehingga seluruh alokasi dan peruntukkan bantuan tersebut disampaikan dengan jelas ke publik antara lain melalui pemasangan papan informasi, ungkapnya.

Sambutan Lurah Sukamiskin Farida Agustini

Sementara itu Lurah Sukamiskin Farida Agustini, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas alokasi program KOTAKU ini berada di wilayah Kelurahan Sukamiskin, dan diharapkan dapat dimanfaatkan warganya dengan tepat sasaran.

“Dengan bantuan ini, diharapkan RW 05 selalu kompak dan masyarakatnya bersatu, sebab 5 tahun program ini ditunggu-tunggu akhirnya dapat terealisir, saya ingin kita selalu bersyukur”, ungkapnya.

“Saya minta kepada warga RW 05 untuk senantiasa meningkatkan kebersihan melalui Program Kang Pisman dengan memilah sampahnya” harap Farida.

Sambutan Aris, perwakilan Askot Kota Bandung

Turut menyampaikan sambutan perwakilan dari Askot Kota Bandung, Aris mengatakan bahwa kelurahan Sukamiskin merupakan salah satu kelurahan yang mendapat bantuan ini dari 5 kelurahan yang ada di Kota Bandung. Nantinya dalam pembangunan tersebut akan didampingi tim fasilitator 16 bersama dari BKM.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Sukamiskin Bambang S, melaporkan bahwa alokasi anggaran yang tersedia sebesar Rp2 milliar untuk kepentingan pembangunan di masyarakat di RW 05 Sukamiskin, terbagi menjadi 2 tahap. Alokasi tahap pertama sebesar Rp1,4 Milliar dan Tahap 2 Desember 2019 sebesar Rp600 juta.

Ketua BKM Sukamiskin, Bambang S.

Pelaksanaan pekerjaan ini terbagi dalam 3 KSM sebesar 70% nya dari tahap pertama, yakni ;

“KSM Pertama Aam Sumaedi, meliputi jalan / beton/hotmix/paving blok/Drainase dan MCK, di RW 05 Sukamiskin total Rp365,7 Juta”, ungkapnya.

“KSM Amanah (Dunggana), meliputi pembangunan Drainase, SPAL RT dan Drainase Gravel 20 cm sebesar Rp322,3 Juta” tuturnya.

“Selanjutnya KSM Sauyunan (Subandi), meliputi 4 SAB Submersible sebesar Rp287 juta, (2 berikutnya di tahap 2)”, katanya.

Sementara itu Ketua RW 05 Sukamiskin Subandi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas pembangunan program KOTAKU yang berada dalam wilayahnya dan berharap seluruh pembangunan dapat berjalan aman dan lancar.

Peletakan batu pertama Progam KOTAKU oleh Camat Arcamanik, didampingi Lurah Sukamiskin, Ketua BKM, Ketua RW 05 dan hadirin lainnya

Acara diakhiri dengan melakukan simbolis peletakan batu pertama pembangunan jalan paving blok di wilayah RW 05, yang diawali oleh Camat Arcamanik, Lurah Sukamiskin, Ketua LPM Sukamiskin, Ketua BKM dan diikuti oleh hadirin lainnya.

Yanis

Bagikan: