‘Cakap’ Hadir sebagai pelopor pembelajaran online di Indonesia sejak tahun 2014 Catatkan Rekor MURI



Jakarta, Beritainspiratif.com - Cakap merupakan aplikasi yang menyediakan pembelajaran Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang dan Indonesia secara daring. Kemudahan dalam mengakses materi merupakan hal penting dalam belajar bahasa asing. Dengan kursus bahasa asing daring, para pengguna akan mendapatkan materi belajar berbentuk data digital secara fleksibel.

Tanpa perlu ke tempat kursus dan cukup menggunakan gawai, Cakap juga menyediakan program untuk korporasi serta khusus persiapan ke luar negeri kepada para penggunanya.

Pengembangan program akan memudahkan interaksi antar guru dan murid yang diharapkan akan membantu masyarakat untuk berhasil dalam pembelajaran bahasa.

Dilansir dari laman MURI, Cakap Hadir sebagai pelopor pembelajaran online di Indonesia sejak tahun 2014, sukses pecahkan Rekor MURI dan dicatat dengan Rekor MURI Nomor 8948, pada acara yang di Grand Launching di Summarecon Mall Serpong, Minggu (7/4/2019).

“Cakap, berarti kompeten atau terampil dalam Bahasa Indonesia, sejalan dengan visi kami selama ini untuk meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia dengan cara memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mudah diakses, dapat diterima dan terjangkau untuk masyarakat Indonesia”, ungkap Tomy Yunus, founder sekaligus CEO Cakap dalam pernyataan resminya.

Lima tahun terakhir cakap mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan menjadi platform pembelajaran bahasa terbesar di Indonesia dengan 100.000 lebih pengguna.

Peluncuran aplikasi Cakap juga disambut positif oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

“Peran pemerintah adalah memfasilitasi mereka melalui jejaring untuk terhubung dengan mentor, program dan juga akses pada pendanaan. Di skala besarnya, pemerintah harus dapat mensinergikan inovasi-inovasi yang ada dengan para stakeholder di ekonomi digital,” kata Sonny Hendrawan, Kepala Seksi Perencanaan Kreativitas TIK, Direktorat Pemberdayaan Informatika Kominfo.

Harapannya, dengan meningkatkan kecakapan digital para talenta muda melalui penggunaan teknologi, dapat menjawab kebutuhan pendidikan di semua lini. Sehingga, membangun bangsa bisa di mana saja dengan banyak cara, salah satunya dengan berdaya di dunia maya.

Manager MURI, Triyono mengatakan, Tim MURI ikut berbangga atas prestasi yang dicapai Cakap sebagai pengembang aplikasi daring pertama Belajar Bahasa dengan Interaksi Dua Arah secara langsung di Indonesia.

“Semoga hal ini bisa menginspirasi generasi muda lainnya untuk dapat berkarya memajukan pendidikan di Indonesia melalui Teknologi,” ujarnya.

(Yanis)

Berita Terkait