Busana Berbahan Tempe Peragaan Mahasiswa UM Pecahkan Rekor MURI

Malang, Beritainspiratif.com – Sebanyak 150 kg keripik tempe yang digagas oleh mahasiswa Teknik Industri Universitas Negeri Malang (UM) dijadikan sebagai bahan pakaian, lalu dibuat 16 busana dan diperagakan dalam fashion show.

Dilansir dari laman resmi UM ,peragaan busana dari rangkaian bahan keripik tempe ini berhasil memecahkan Rekor Muri, pada acara peragaan busana yang berlangsung di Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang (UM), Kamis, (10/10/2019).

“Jadi di MURI itu ada kategori rekor nasional dan kategori rekor dunia, karena tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia, maka kita kukuhkan sebagai rekor dunia,” ujar Manajer senior MURI, Sri Widayati.

Dari kejauhan, busana bahan keripik tempe itu nampak keemasan saat di panggung karena sorot lampu.

Namun ada kekurangannya juga, saat ada gerakan dari peragawati, maka ada sejumlah keripik tempe mrotol (jatuh) dari busana di atas cat walk. Meskipun demikian koleksi busana itu mendapat sambutan hangat dari penonton yang hadir.

Salah satu desainer busana keripik tempe, Atalia Putri, yang merupakan mahasiswa S1 Tata Busana menyatakan kagum setelah busananya jadi.

“Awalnya ya sempat mikir mustahil,” kata Atalia.

Sebab waktunya sangat mepet. Minggu lalu ada waktu sehari mendesain busana, membuat pola, mencari model dan melakukan pengukuran. Belum lagi sudah ada jadwal UTS (Ujian Tengah Semester). Tapi akhirnya terselesaikan.

Atalia Putri menyampaikan bahwa bahan kain untuk busana ini, dilapisi plastic wrap baru dipasang keripik tempenya.

“Perkiraan jumlah keripik tempe di busana saya 800 lebih,” kata Atalia.

Untuk pemasangan keripik tempe kami dibantu oleh sejumlah mahasiswa baik dari Tata Busana dan Tata Boga.

Pemasangannya keripik tempe tengahnya diberi lobang untuk benang. Tapi kadang saat memasang ada yang mrotol.

Untuk pemecahan rekor MURI yang berhubungan dengan bahan tempe, sebelumnya hanya ada pada pembuatan tempe terpanjang, pembuatan tempe terbesar, tempe dengan varian rasa terbanyak dan pembuatan replika Dinosaurus terbesar dari rangkaian tempe. (Yanis)

Bagikan: