Bupati Bandung : Maggot Adalah Pakan Ternak Berprotein Tinggi



Bandung, beritainspiratif.com - Pemerintah Kabupaten Bandung memanfaatkan Maggot menjadi pakan ternak, Magot merupakan larva yang berkembang cepat dengan memakan sampah organik, hal itu diungkapkan Bupati Bandung Dadang M. Naser disela acara panen ikan lele pakan maggot di kolam Taman Edukasi, Dinas Lingkungan Hidup, di Soreang, Kamis (30/8/2018).

Dadang mengatakan, Maggot sumbernya adalah sampah organik,“sampah sayuran, buah, bisa juga daging, jangan dibuang begitu saja, tapi dipisahkan ke dalam LCO (Lubang Cerdas Organik). Nanti akan muncul Maggot lalu dikeringkan dan dicampur dengan dedak, bagus untuk pakan ternak karena proteinnya bisa sampai 70%,” ungkapnya.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Bandung Mengenai taman Edukasi, Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah mengatakan taman tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pengelolaan lingkungan yang baik, terdapat berbagai alat peraga salahsatunya system biodigester.

“Sistem Biodigester, adalah gas metan dari sampah organik, sudah dimanfaatkan pengelola kantin untuk memasak. Dari 70 kg sampah organic menghasilkan gas metan cukup selama 3 hari, lebih ringan dari elpiji dan resiko ledakannya lebih kecil,” paparnya.

Yanis

Berita Terkait