Bumdes ‘Mulya Jati’ Dukung UKM dengan Pinjaman Lunak

Cirebon,Beritainspiratif.com – Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan warganya, Desa Kalisapu, Kecamatan Gunungjati, terus berupaya memberdayakan program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) desanya.

Bumdes bernama “Mulya Jati” yang berdiri sejak awal Desember 2018 lalu merupakan pelimpahan Bumdes yang ada sebelumnya. Program yang ditawarkan antara lain berupa peminjaman modal bagi pelaku usaha mikro seperti warung, outlet telepon, peminjaman biaya operasional bagi nelayan, dan sejenisnya.

“Selain pinjaman, kita juga ada program pembayaran dan telah bekerjasama dengan BRI Link. Seperti untuk pembayaran BPJS, listrik, telepon, transfer uang, tarik tunai, menabung, dan sebagainya,” ujar Ketua Bumdes Mulya Jati Desa Kalisapu, Asep Rukmana kepada media, Senin (25/3/2019).

Selain yang telah disebutkan, kata Asep, produk unggulan Bumdes Mulya Jati lainnya adalah internet kampung. Yakni penyedia layanan atau jasa internet di masing-masing rumah warga. Terbukti, Bumdes internet kampung telah berjalan dan diminati oleh sejumlah warga.

“Bahkan peminatnya hingga diluar warga Desa Kalisapu. Khususnya bagi mereka yang membuka usaha sehingga dengan adanya akses internet, dapat menarik pelanggan untuk mengunjungi tempat usahanya,” katanya.

Dengan telah berdirinya Bumdes, Asep berharap dapat membantu ikut mensejahterakan masyarakat melalui setiap program yang akan terus dikembangkan. Seperti program pinjaman yang ditawarkan tanpa ada bunga alias 0 persen. Masyarakat hanya dibebankan biaya administrasi awal untuk keperluan foto copy, dan semacamnya. (Dekur).

Bagikan: