Bulan Suci Ramadhan 'Moment' Memperkenalkan Al-Qur'an Sejak Dini Pada Anak



Bandung, Beritainspiratif.com - Bulan suci Ramadhan bulan yang penuh berkah untuk semua umat. Tidak hanya dilipatgandakannya pahala bagi yang melaksanakannya dan ladang amal lainnya tetapi sarana pendidikan untuk anak dalam mengenal Al-Qur'an sejak dini.

Kenapa al-Quran yang menjadi prioritas utama bagi anak-anak kita bukan yang lain?

Mengutip situs Dakwatuna, ada beberapa hal yang diperhatikan dalam memperkenalkan Al-Qur'an kepada anak:

1. Pelajaran pertama

Sebelum pikiran dan hati anak-anak kita diwarnai oleh berbagai pemikiran dan bentuk kemaksiatan maka seharusnya hati mereka dipenuhi oleh al-Quran terlebih dahulu agar tidak tersisa dalam hati mereka ruang untuk warna dan berbagai hal lain yang dapat mengotori hati mereka. Karena al-Quran adalah kalamullah yang merupakan sumber agama Islam dan pedoman hidup kaum muslimin.

Imam Suyuthi berkata:” Mengajarkan al-Quran kepada anak merupakan pekerjaan yang fundamental dalam Islam sehingga mereka dapat tumbuh dalam kefithrahan, dapat menyerap hikmah sebelum hawa nafsu mendominasinya dengan berbagai bentuk kemaksiatan dan kesesatan”( lihat Nur Swaid, Manhaj Tarbiyah Nabawiyah lil afhfal: 104).

Hal yang sama dikatakan Ibnu Sina:” Ketika sang anak telah mulai siap menerima instruksi dan memahami apa yang mereka dengar saat itulah mulai belajar al-Quran”( dikutip dari manhaj tarbiyah lil athfal).

2. Syiar agama

Mengajarkan al-Quran kepada anak dipandang sebagai syiar agama Islam yang harus dilestarikan. Ibnu khaldun berkata:” orang tua yang mengajarkan al-Quran kepada anak-anaknya merupakan syiar agama yang dipelihara oleh ahli agama, mereka berkeliling ke berbagai wilayah karenanya, karena al-Quran mampu memikat hati sehingga dapat mengokohkan keimanan dan aqidah, sehingga pengajaran al-Quran menjadi inti bagi seluruh pelajaran lain”.( lihat Muqaddimah Ibnu Khaldun:397).

3. Bulan Ramadhan bulan al-Quran.

Salah satu nama bulan Ramadhan adalah bulan al-Quran karena di dalamnya al-Quran diturunkan dan membacanya dilipatkan pahala. Sebagai bulan yang penuh berkah tentu terlalu mahal kalau ia harus berlalu begitu saja, karena itu memprioritaskan amalan berkenaan dengan al-Quran menjadi sangat beralasan.

Untuk itu, semoga tidak hanya pada bulan Ramadhan saja pembelajaran tentang Al-Qur'an ini dilakukan tetapi menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

(Kaka)

Ilustrasi: sayashare.com

Berita Terkait