Buku Versi Elektronik di Smartphone Dapat Meningkatkan Minat Baca

Beritainspiratif.com – Dalam upaya meningkatkan minat baca para pelajar, berbagai upaya dilakukan Pemerintah melalui inovasi dari Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip, mulai dari perpustakaan keliling maupun dengan menggunakan aplikasi perpustakaan digital.

Seiring dengan kemajuan teknologi di era industri 4.0 saat ini terus dibudayakan minat membaca melalui gawai atau smartphone, sehingga gawai tidak hanya digunakan untuk membaca Whatsapp saja.

Sejak beberapa tahun belakangan ini pun kita banyak menemui judul buku yang terbit dalam dua format sekaligus, yakni versi cetak dan versi elektronik. Sehingga handphone juga dimanfaatkan sebagai sarana meningkatkan minat baca melalui media elektronik.

Berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk membaca buku versi elektronik melalui smartphone.

1. Amazon Kindle

Sejatinya ini adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna menikmati layanan serupa di tablet Kindle tanpa mesti memiliki perangkat tersebut. Dengan aplikasi Amazon Kindle, pengguna akan mendapati sejumlah pilihan buku, majalah, dan surat kabar di smartphone miliknya.

Tersedia fitur terakhir dibaca, penanda halaman, sorotan (highlight), serta catatan. Aplikasi ini bisa disinkronikasikan lintas perangkat.

2. Moon+ Reader

Moon+ Reader juga menawarkan pengalaman membaca buku elektronik menyenangkan di smartphone. Aplikasi ini menampilkan informasi seberapa banyak halaman yang telah dibaca dari suatu buku, membagi buku per bab (chapter), dan sebagainya. Tersedia versi gratis dan berbayar (pro), yang menawarkan lebih banyak peningkatan.

Katalog buku elektronik di Moon+ Reader terintegrasi antara lain ke Project Guternberg dan Internet Archive, di mana buku-buku bebas royalti bisa diunduh dan dibaca secara legal.

3. Cool Reader

Salah satu fitur unggulan Cool Reader adalah fitur text-to-speech gratis. Selain itu, fitur-fitur standar aplikasi pembaca buku elektronik tersedia di Cool Reader. Misalnya, pengguna dapat mengganti latar teks menjadi gelap atau terang, penanda halaman atau bab, dan seterusnya.

Yanis

Bagikan: