Buka Jabar Habibie Festival 2018, Gubernur Ridwan Kamil Ajak Inovator Berkolaborasi



Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka Jabar Habibie Festival 2018 di Aula Kampus Telkom University Bandung, Jumat (30/11/18).

Festival yang menampilkan beragam inovasi dan teknologi karya anak bangsa ini dibuka untuk umum hingga tanggal 2 Desember 2018.

Dalam sambutannya, Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengatakan, lima tahun ke depan Jabar punya mimpi besar yaitu menjadikan sebagai provinsi digital. Untuk mencapai mimpi itu, diperlukan inovasi dan teknologi.

Emil meyakini, pemerintah tidak akan bisa bekerja sendiri, tetapi perlu kolaborasi Penta Helix, yaitu dengan komunitas, pengusaha, akademisi dan media.

"Kami membutuhkan kerja sama para inventor untuk berkolaborasi, karena tugas saya sebagai Gubernur bisa mengakselerasi penemuan itu menjadi sebuah kebermanfaatan," ujar Emil.

Emil mengapresiasi Jabar Habibie Festival ini, sebagai bentuk penghargaan dan kebanggaan kepada sosok BJ Habibie, sebagai Bapak teknologi nasional.

"Sebagai pengagum Pak Habibie, saya harap festival ini dapat terus diselenggarakan setiap tahun, sebagai bentuk penghargaan dan kebanggaan kepada Bapak teknologi Indonesia," ucap Emil.

Penggagas acara yang juga putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie mengharapkan, teknologi menjadi budaya di masyarakat sehingga orang tidak takut untuk belajar teknologi.

"Kami ingin banyak orang melihat langsung berbagai inovasi teknologi dan bangga terhadap karya anak bangsa," tuturnya.

Ilham meyakini, masyarakat Indonesia tidak gagap akan teknologi. Terbukti dari banyaknya penggunaan smartphone dan media sosial. Namun Ia tak ingin masyarakat hanya jadi pengguna saja, melainkan harus bisa mengembangkan bahkan menemukan inovasi teknologi.

"Karena itu, festival ini disiapkan untuk memacu daya kreasi dan inovasi serta daya saing pelaku di industri global," pungkas Ilham.

Jabar Habibie Festival memamerkan bazaar inovasi, markerland, Fin Tech 2.0, A to B the future of transportation, sport land dan fund fest, serta diisi dengan workshop teknologi yang menghadirkan narasumber ternama dari luar negeri.     (Ida)

Berita Terkait