Buat Alat Penahan Gelombang Mahasiswa ITB raih Juara 1



Bandung, Beritainspiratif.com - Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam Tim Ankara Kadabra meraih gelar juara 1 pada kompetisi tingkat nasional Desain Floating Breakwater "Dedikasi 2018" yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin, tanggal 25-29 November 2018.

Menurut keterangan salah satu anggota tim, Muhammad Rais Syam menjelaskan pada perlombaan tersebut Tim Ankara Kadabra mendesain struktur floating breakwater, berfungsi untuk meredam gelombang, agar pantai terhindar dari ancaman dari abrasi.

“Pada umumnya floating breakwater berbentuk kotak, namun kami mencoba memberikan inovasi dengan bentuk trapezoidal yang slitted yakni berlubang-lubang pada bidang yang terkena gelombangnya. Keunggulannya desain ini bersifat ramah lingkungan karena menggunakan EPS (Expanded Polystyrene),”ungkap mahasiswa Teknik Kelautan tersebut kepada Beritainspiratif.com, Senin (17/12/2018).

Sementara itu, Ketua Tim, Faisal Akbar menjelaskan, mendesain breakwater merupakan salah satu hal yang dipelajari oleh mahasiswa Teknik Kelautan ITB. Dengan adanya kompetisi ini Faisal dan timnya langsung tergerak untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka miliki.

“Kami mengikuti tahap awal yakni seleksi proposal. Kemudian, dari tahap awal tersebut akhirnya mereka terpilih menjadi bagian sepuluh finalis yang akan melakukan presentasi di Universitas Hasanuddin, Makassar menyingkirkan berbagai tim mahasiswa lainnya dari seluruh Indonesia,” pungkasnya.

(Tito)

Berita Terkait