Bripka Syaiful Dari Polres Poso Raih Juara 1 Lomba Bhabinkamtibmas Nasional 2019



Poso, Beritainspiratif.com – Pimpinan beserta seluruh jajaran personil Polres Poso, Sulteng, tengah bangga karena satu anggotanya Bripka Moh. Syaiful berhasil meraih peringkat terbaik yang diterima dari mabes polri, sebagai seorang anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di wilayah Kelurahan Kayamanya Sentral, Kecamatan Poso Kota, Sulteng.

Syaiful berhasil meraih juara 1 lomba Bhabinkamtibmas tingkat nasional tahun 2019 di Mabes Polri dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke 73 pada 1 Juli mendatang.

Syaiful berhasil mengalahkan Bhabinkamtibmas dari polres lainnya yang ada di Indonesia.

Bripka Mohammad Syaiful sendiri mewakili Polda Sulteng dalam mengikuti lomba Bhabinkamtibmas tingkat nasional.

Adapun dalam lomba Bhabinkamtibmas tingkat nasional tersebut terdapat beberapa kriteria yang menjadi indikator penilaian, antara lain indikator kinerja Bhabinkamtibmas yang di tunjukan dari jumlah penyelesaian kasus, pembuatan laporan informasi dan pembuatan laporan Door To door System (DDS), indikator inovasi Bhabinkamtibmas seperti inovasi bidang pendidikan, pertanian serta kegiatan Binmas pioneer yang di mana Bhabinkamtibmas membuat vidio pendek tentang kinerjanya.

Disamping itu dalam lomba tersebut juga di lakukan tes tertulis dan tes wawancara kemampuan pengetahuan Bhabinkamtibmas yang meliputi pemahaman dan penanggulangan tentang konflik sosial, radikalisme, narkoba, kenakalan remaja, penanganan bencana, penggalangan masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemahaman negosiator hingga program pemerintah yang menjadi tanggung jawab Bhabinkamtibmas.

Tak hanya itu pewawancara dalam tes tersebut dari Kabaharkam Polri, Kakorbinmas Baharkam Polri, Pakar Polmas, Pakar Konflik Sosial, Pakar Komunikasi, Pakar Radikalisme dan Terorisme.

Kasat Binmas Polres Poso, Iptu Masloman menyampaikan atas prestasi yang diraih anggotanya merupakan penghargaan yang sangat bernilai dan patut menjadi contoh untuk anggota Bhabinkamtibmas lainnya.

“Tentunya saya bangga anggota kami berprestasi, semoga yang lain bisa juga berprestasi. Keberhasilan ini juga tak lepas dari peran pak Kapolres yang terus memberikan pembinaan baik terutama bertanggung jawab dalam bertugas,” ucap Masloman, Senin 24 Juni 2019 yang dikutip dari Kabar Selebes, Poso.

Atas keberhasilan itu Bripka Syaiful rencananya akan diberikan penghargaan secara langsung oleh Kapolri, Panglima TNI, Mendagri dihadapan Presiden RI pada acara syukuran HUT Bhayangkara 73 tingkat Mabes Polri nantinya. (Yanis)

Berita Terkait