BNPB Gandeng Pakar Kebencanaan IPB

Jakarta, Beritainspiratif.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Letjen Doni Monardo lakukan pertemuan dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria, membahas kerjasama penanggulangan bencana di Indonesia, yang berlangsung di Graha BNPB, Jakarta, Senin, (21/1/2019).

BNPB dan IPB berencana untuk melakukan kerjasama secara komprehensif mulai pra bencana, kejadian bencana sampai pasca bencana. Untuk itu Kepala BNPB berencana untuk menyiapkan regulasi baru berupa peraturan operasional dari presiden.

Rektor IPB Dr. Arif Satria menyampaikan bahwa sebagai perguruan tinggi yang berbasis riset, IPB memiliki banyak riset dan inovasi yang dapat dikerjasamakan dengan BNPB dalam program penanggulangan bencana di Indonesia. Dalam era teknologi 4.0, pendekatan program mitigasi bencana semestinya bisa dilakukan secara lebih smart.

“Salah satu point penting yang menjadi agenda utama BNPB dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian yaitu mengumpulkan pakar kebencanaan yang disebut menjadi mozart atau intelligent kebencanaan. Untuk itu, kami akan bahas kembali tahapannya termasuk kompetensi yang penting dikerjasamakan dengan IPB. Kami juga akan lakukan program kesiap-siagaan sebelum terjadi bencana melalui pelatihan,” ujar Letjen Doni didampingi Deputi Wisnu Widjaja, Sestama serta Direktur Penanggulangan Bencana BNPB, Dr. Raditya, yang diungkap dilaman resmi IPB.

Letjen Doni mencontohkan bahwa dalam program pengendalian banjir perlu disediakan konsep pencegahan longsor, begitu juga pengendali tsunami di pesisir. “Beberapa kejadian bencana selama ini karena kami kurang menerima informasi dan data dari para peneliti sehingga upaya mitigasi tidak jalan. Akibatnya sudah dapat kita lihat kejadian bencana terus terjadi,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut dari kerjasama ini, kedua pihak sepakat untuk segera dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understandig (MoU) antara IPB dan BNPB serta kuliah umum tentang kebencanaan. Kegiatan ini akan menjadi rangkaian awal kerjasama BNPB dengan IPB dalam upaya penanggulangan bencana di tanah air.

Hadir di BNPB mendampingi Rektor yaitu Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dr Dodik Ridho Nurrohmat, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB Dr. Aji Hermawan, Sekretaris LPPM, Prof. Faiz Syuaib, Kepala Pusat Studi Bencana (PSB) IPB, Dr. Yonvitner, Sekretaris PSB, Dr. Perdinan dan Dr. Syamsul Bahri Agus serta Wakil Dekan bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Sekolah Bisnis IPB, Dr. Nimmi Zulbainarni.

Pada kesempatan ini, Kepala LPPM IPB, Dr. Aji Hermawan menyampaikan berbagai pengalaman IPB dalam upaya penanggulangan bencana mulai dari emergency respon, recovery melalui pendampingan kegiatan pertanian seperti di Desa Salut di Lombok. Dr. Aji juga berbagi pengalaman saat IPB merancang sistem penangulangan bencana kebakaran hutan di Indonesia yang bekerjasama dengan berbagai pihak, pungkasnya.

Yanis

Bagikan: