BMKG Sebut Masih Misteri, Suara Dentuman yang Terdengar di Bandung



Bandung, Beritainspiratif.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) melalui Twitter nya memberikan tanggapan atas suara dentuman yang dilaporkan terdengar oleh masyarakat setempat, antara pukul 08.30 hingga 09.30 WIB, Kamis (21/5/2020).

Kejadian yang sempat viral tersebut dan menghebohkan warga Bandung tersebut, BMKG melalui Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyatakan bahwa hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi signifikan yang terjadi di Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB.

"Mengenai cuaca di Bandung dan sekitarnya, sejak pagi hari ini hingga pukul 10.00 WIB dalam kondisi cerah dan berawan, serta tidak terjadi hujan," kata Daryono dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:Masyarakat-diimbau-pantau-la-nina-di-aplikasi-peringatan-dini-info-bmkg

Selain itu berdasarkan hasil monitoring petir dengan menggunakan peralatan lighting detector menunjukkan tidak ada kejadian petir di Bandung dan sekitarnya, pada pukul 08.30 hingga 10.00 WIB.

Sehingga berdasarkan data tersebut, kata dia, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempabumi, petir atau cuaca di Bandung dan sekitarnya.

"Berdasarkan data Pengamatan Magnet Bumi Fluxgate Magnetometer di Pos Obs BMKG Palabuhanratu, (21/5/2020), tidak terdapat anomali yang signifikan saat suara dentuman tadi pagi. Masih misteri," tulis Daryono di akun Twitternya. (*)

Berita Terkait