BMKG: Angin Kencang Akibat Badai Tropis Maria



BMKG: Angin Kencang Akibat Cirebon, Beritainspiratif.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Jatiwangi Majalengka, Jawa Barat, menyatakan angin kencang terjadi di wilayah Cirebon disebabkan badai tropis 'Maria' yang berada disebelah utara Indonesia.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Jatiwangi Majalengka, Ahmad Faa Iziyn mengatakan Angin kencang yang terjadi mencapai maksimum 40 kilometer per jam.

"Angin kencang yang terjadi mencapai maksimum 40 kilometer per jam," kata Ahmad Faa Iziyn di Majalengka, Kamis (5/7) seperti dikutip dari antara.

Faa Iziyn menjelaskan angin kencang disebabkan adanya badai tropis 'Maria' yang berada disebelah Utara Indonesia, sehingga membuat gaya tarik massa udara berupa angin kencang.

"Ini terjadi di wilayah Indonesia terutama di Ciayumajakuning atau wilayah Cirebon," tuturnya.

Selain itu, juga dikarenakan faktor lokal adanya gunung Ciremai, dimana angin berhembus dari arah Tenggara hingga Selatan atau dari belakang Gunung dan turun.

"Itu menyebabkan dorongan angin yang menuju ke wilayah Ciayumajakuning cukup kencang," jelasnya.

Untuk itu BMKG mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dalam beraktivitas terutama bagi pengendara sepeda motor dan juga pejalan kaki.

"Dalam beraktivitas lebih baik memakai jaket dan masker hidung jika berkendara motor," ujarnya.

"Dan khusus nya bagi nelayan lebih waspada juga, karena angin kencang bisa mengakibatkan gelombang tinggi," kata Faa Iziyn.

YoC

Berita Terkait