Blue Bird Luncurkan Taksi Listrik Pertama di Indonesia Catatkan Rekor MURI



Jakarta, Beritainspiratif.com - Blue Bird sebagai perusahaan transportasi umum hari ini meluncurkan taksi berbahan bakar listrik pertama di Indonesia.

Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono mengatakan, tarif taksi listrik yang dioperasikannya sama dengan taksi yang menggunakan BBM.

Dia mengatakan bahan bakar listrik memang lebih murah dengan adanya insentif dari pemerintah. Hanya saja harga kendaraannya masih mahal, sehingga pihaknya belum bisa membuat taksi listrik bertarif lebih murah.

"Masih sama dengan Bluebird lainnya karena saat ini belum dapat mobil murah walaupun charge-nya lebih murah, bensin memang mahal tapi SPBU-nya di mana-mana," katanya di Kantor Pusat Bluebird, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019).

Di tahap awal, pihaknya akan mengoperasikan sebanyak 25 unit BYD dan 4 unit Tesla. Tipe-tipe kendaraan dari masing-masing merek tersebut adalah BYD e6 A/T, dan Tesla Model X 75D A/T.

Hingga 2020 rencananya jumlah taksi listrik yang dioperasikan Bluebird sebanyak 200 unit. Taksi listrik ini akan resmi mengaspal di Jakarta pada Mei 2019. Sementara hari ini baru diperkenankan ke masyarakat.

Terobosan inovasi kendaraan listrik bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan mendukung pelestarian lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta serta program pengurangan emisi gas buang yang dicanangkan pemerintah.

Blue Bird merangkul World Wide Fund for Nature (WWF) dan Jagha Bumi dalam program One Ride One Seed yang dimulai pada bulan Juni 2019 dengan target lebih dari 2.000 pohon tertanam di area aliran sungai Ciliwung dan di area tengah Jakarta. Pohon-pohon yang tersebut berasal dari kontribusi penumpang kendaraan taksi listrik Blue Bird dan Silver Bird.

Dilansir dari laman resmi MURI Taksi Listrik pertama di Indonesia ini dicatat dalam Rekor MURI Nomor 8974 atas nama rekoris PT Blue Bird Tbk.

[Yanis]

Berita Terkait