BKIPM Cirebon Tebar Setengah Juta Benih Ikan



Majalengka, Beritainspiratif.com - Sebagai upaya pengembang biakan ikan air tawar, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Cirebon menebar setengah juta benih ikan di perairan umum Majalengka.

Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Cirebon, Obing Hobir Asy'ari mengatakan, penebaran benih ikan (Restocking) ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pelaksanaan bulan bakti Karantina dan Mutu hasil Perikanan SKIPM Cirebon, Minggu (6/5)

" Kegiatan in juga mendapat support Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pertanian Perikanan Kabupaten Majalengka," katanya.

Restocking, lanjut Obing, dilakukan di dua lokasi, yang pertama di perairan umum di Majalengka yaitu bendungan Rancabeureum dan Tegalsapi.

" Setengah juta benih yang kita tebar mulai dari benih ikan nila, sebanyak 200 ribu ekor, ikan mas 100 ribu ekor dan ikan patin 250 ribu ekor.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara menjaga kesehatan, mutu ikan dan keamanan hasil perikanan serta meminta masyarakat berperan aktif menjaga kelestarian sumber daya ikan sesuai dengan misi bulan bakti karantina dan mutu hasil perikanan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan fungsi perkarantinaan, pengendalian mutu dan kemanana hasil perikanan serta keamanan hayati ikan.

Selain itu lanjut Obing, restocking juga bertujuan

meningkatkan stok dan populasi ikan di perairan umum, menjaga diversitas ikan, meningkatkan taraf pendapatan masyarakat melalui penangkapan ikan dan mendukung penyediaan pangan sehat bagi masyarakat.

"Sebagian benih ikan yang ditebar merupakan jenis ikan asli Jawa Barat hasil produksi Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat," ungkap Obing. (Yones)

FOTO:

BKIPM Cirebon bersama-sama Dinas Perikanan Propinsi Jawa Barat dan Majalengka bersama-sama menebar setengah juta ekor benih ikan di perairan umum Majalengka.

Berita Terkait