BKD Jabar Siapkan Kader Untuk Jabatan Strategis, Melalui Program 300 Doktor Lulusan Luar Negeri

Bandung,Beritainspiratif.com – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) prov. Jawa Barat, menyiapkan kader untuk menduduki jabatan – jabatan strategis melalui program 300 Doktor lulusan luar negeri.

Kepala BKD prov. Jawa Barat H. Yerry Yanuar mengatakan program program yang diluncurkan tahun 2015 ini, untuk menyiapkan ASN pemprov. Jabar yang memiliki kualifikasi S3 di Luar Negeri tanpa biaya APBD.

“Program Doktor Luar Negeri ini untuk menghasilkan ASN lulusan S3, dengan biaya dari sponsor seperti LPDP, bea siswa unggulan, USAID dll,” katanya di gedung sate kota Bandung, Selasa (9/7/2019).

Dijelaskan Yerry, saat ini sudah ada 8 ASN lulusan doktor dan 67 ASN masih menjalani kuliah di luar negeri, melalui program tersebut. Program ini disiapkan bagi ASN berusia dibawah 38 tahun. Program 300 doktor luar negeri, dapat tercapai tahun 2020.

“Untuk ikut program 300 doktor luar negeri, mereka harus mencari sponsor sendiri. APBD hanya biaya persiapan dan pengiriman ke universitas di luar negeri,” paparnya.

Peserta doktor luar negeri lanjut Yerry, diharapkan dapat menjadi ambassador, membangun networking dengan berbagai negara.

“Jadi tidak ada dikotomi lulusan doktor dalam negeri dan luar negeri. Program doktoral dalam negeri tetap jalan. Saat ini pemprov Jabar menjalin kerjasama dengan ITB, untuk program S1,S2 dan S3. Jadi tidak ada dikitomi lulusan dalam negeri dan luar negeri, fungsinta aja yang berbeda,” pungkasnya. (Ida)

Bagikan: