BK DPRD Jabar Akan Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat Terkait Perilaku dan Moralitas Anggota Dewan

Bandung, Beritainspiratif.com – Badan Kehormatan (BK) DPRD provinsi Jawa Barat, akan menindak-lanjuti laporan masyarakat yang berkaitan dengan perilaku dan moralitas anggota dewan.

“Siapapun yang berkirim surat ke BK, kaitan dengan perilaku dan moralitas anggota dewan, saya jamin akan kita tindak-lanjuti,” tegas Ketua BK DPRD Jabar Hasbullah Rahmat, Kamis (19/3/2020).

Salah satu laporan yang sedang ditangani, kata Hasbullah adalah kasus dugaan pemukulan oleh anggota dewan SN terhadap sopir pribadinya Yusak Rico Raharjo.

SN dilaporkan melakukan pemukulan, karena kendaraan yang dikemudikan Yusak tidak sengaja menabrak tembok disekitar parkir gedung DPRD Jabar pada 21 Januari 2020 lalu.

Menurut Hasbullah, dalam kasus ini BK masih menunggu hasil pemeriksaan dari Polrestabes Bandung, karena sudah masuk ranah institusi kepolisian.

“Kedua belah pihak kan sudah berperkara di Polrestabes. Tiga security kita juga dipanggil sebagai saksi. Saya sudah mendapat tembusannya,” katanya.

Hasbullah melanjutkan, bila anggota dewan SN terbukti melakukan pelanggaran, BK baru akan menentukan langkah berikutnya seperti apa.

Namun, ketika kedua pihak dimintai keterangan, SN membantah telah melakukan penamparan terhadap sopir pribadinya Yusak Rico Raharjo.

“Karena kedua belah pihak memberikan keterangan berbeda, maka harus dibuktikan di pengadilan,” tandasnya.

Hasbullah mengaku hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan, apakah proses di Polrestabes sudah masuk P21.

“Kita menunggu keputusan dari Polrestabes atau Pengadilan Negeri. Kan kalau tidak terbukti, bisa diterbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan Perkara (SP3),” pungkasnya.

(Ida)

Bagikan: