Bio Farma Konsisten Lakukan Uji Emisi Kendaraan Setiap Tahun

Bandung, beritainspiratif.com – PT. Bio Farma (Persero) kembali menyelenggarakan uji emisi gas buang kendaraan bermotor roda empat dan roda dua.

Kegiatan ini dalam upaya menjaga kebersihan udara kota Bandung, yang dikenal sebagai Parijs van Java tersebut.

“Sejak tahun 2012, Bio Farma menjadi perusahaan yang ikut mendukung dan menjaga kelestarian lingkungan dan udara Kota Bandung agar tetap bersih dan sehat,” ujar Dadan Darmawan Plt. Kepala Seksi Lingkungan Bio Farma, Kamis (31/1/2020).

Uji emisi dilakukan di halaman depan Bio Farma mulai tanggal 30-31 Januari 2020 bagi kendaraan roda empat dan 18-19 Februari 2020 bagi kendaraan roda dua.

Sebagai perusahaan dengan kawasan emisi bersih, kata Dadan, Bio Farma berkomitmen untuk selalu melakukan uji emisi pada seluruh kendaraan bermotor roda empat dan dua di lingkungan perusahaan.

Uji emisi ini gratis dilakukan bekerja sama dengan Asosiasi Bengkel Kendaraan Indonesia (Asbekindo).

“Kendaraan yang menjadi prioritas untuk di uji adalah kendaraan milik karyawan Bio Farma. Tapi, karena Bio Farma merupakan kawasan dengan emisi bersih, seluruh kendaraan lain yang beraktivitas di lingkungan Bio Farma, baik karyawan maupun rekanan perusahaan juga harus mengikuti uji emisi,” tegas Dadan Darmawan.

Menurut Dadan, seluruh kendaraan yang setiap hari memasuki kawasan Bio Farma harus melakukan uji emisi hingga lulus uji.

Kendaraan yang akan diuji terutama adalah kendaraan operasional, distribusi, karyawan dan rekanan Bio Farma.

“Total kendaraan yang akan mengikuti uji emisi, sekitar 500 unit kendaraan roda empat dan 700 unit kendaraan roda dua,” imbuhnya.

Ketua Umum Asbekindo, Yayat Ruhiyat, mengatakan, kendaraan yang tidak lulus uji diharuskan melakukan servis. Setelah itu baru dilakukan uji emisi ulang hingga kendaraan tersebut lulus uji emisi. Servis dapat dilakukan di seluruh bengkel yang tersebar di Kota Bandung,” ujarnya.

Untuk menjaga predikat sebagai kawasan industri dengan emisi bersih, Bio Farma juga memiliki gedung parkir khusus kendaraan yang lulus uji emisi, sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan.

Gedung ini dibangun dengan konsep green building yang memiliki system cross ventilation (dinding terbuka) dan penggunaan solar LED lighting untuk menghemat listrik hingga 40%.

(Ida)

Bagikan: