Bio Farma Jajaki Produk Immunoterapi Untuk Kanker



Jakarta, beritainspiratif.com - Bio Farma kembali memperluas jaringan kolaborasi dengan dua perusahaan asal Korea Selatan, yaitu ForeverNK Inc.dan Aribio Co. Ltd. 

Awal kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Bio Farma dengan dua perusahaan yang bermarkas di Seongnam tersebut, mengenai penjajakan dan pengembangan potensi kesempatan bisnis yang untuk produk yang sifatnya terapi atau terapeutik untuk pengobatan kanker.

Produk yang dibuat, menggunakan teknologi “NK Cell Therapy” yang akan disediakan oleh ForeverNK Inc, sedangkan “NK Cell Conditioned Media” akan didapat dari Aribio Co. Ltd. NK (Natural Killer) Cell  atau Sel-sel pembunuh alami adalah sel limfoid bawaan yang memberikan perlindungan dini terhadap perkembangan kanker, dengan cara membunuh sel-sel abnormal dalam tubuh yang menjalani transformasi seluler tanpa perlu stimulasi sebelumnya.

Baca Juga:Menristek-brin-dukung-bio-farma-jadi-industri-berbasis-inovasi

Teknologi NK Cell therapy ini, akan disediakan oleh ForeverNK. Sedangkan NK Cell Conditioned Media merupakan media atau ‘tempat’ tumbuhnya NK Cell yang akan dibuat dalam suatu kultur jaringan yang dibuat oleh Aribio.
MoU ini ditandatangani oleh Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, Chief Executive Officer ForeverNK, Jung Hoon Oh, dan Vice Chariman, Soo-Hyun Sung, pada Senin (16/12/2019) di Jakarta.

Dalam sambutannya Honesti Basyir mengatakan, Bio Farma yang saat ini sudah menjadi Holding farmasi BUMN per Oktober 2019 yang lalu, akan mulai merambah ke bisnis produk farmasi yang sifatnya imunoterapi, salah satunya produk dari hasil dari penjajakan MoU ini. “Kerjasama ini merupakan awal dari dimulainya produk – produk Bio Farma untuk immunoterapi, khususnya untuk penyakit kanker.

Sebagai langkah awal, Bio Farma bersama dua perusahaan asal Korea Selatan ini akan mengembangkan dan mengevaluasi kesempatan potensi pasar serta menetapkan syarat dan ketentuan atas evaluasi terkait NK Cell Therapi dari ForeverNK dan produk kosmetik termasuk NK Cell Conditioned Media dari ARIBIO,”. ujar Honesti.

Honesti menambahkan, immunoterapi merupakan, suatu jenis pengobatan yang mendorong sistem imun tubuh kita sendiri, agar lebih efektif dalam melawan penyakit, termasuk kanker.

Bio Farma akan berperan untuk memeriksa dan mengevaluasi teknologi dan produk untuk mengaplikasikannya di Indonesia bekerjasama dengan Rumah Sakit, mengajukan untuk lisensi, untuk kemudian dipasarkan di Indonesia melalui pelayanan klinik.

Sementara itu Fred Kim, dari Aribio US, mengatakan pihaknya sangat menyambut baik penandatatanganan MoU ini,  karena antara Bio Farma dengan ForeverNK memiliki kesamaan filosofi yaitu dedicated to improve quality of life, melalui produk yang memiliki manfaat bagi orang banyak.

"Kami berharap kolaborasi bersama ini, setelah penandatanganan MoU akan tercipta suatu produk yang dapat berguna selain untuk kosmetik dan NK Cell terapi juga untuk kehidupan yang lebih baik", ujar Fred.

(Ida)


Berita Terkait