Bio Farma Gandeng Telkomedika Buka Layanan Vaksin Imunicare di Jakarta



Jakarta, Beritainspiratif.com - Layanan Vaksinasi milik BUMN Farmasi Bio Farma, Imunicare, kembali melebarkan jaringannya ke dalam pasar Ibu kota dengan berkolaborasi bersama Telkomedika, sebagai entitas bisnis kesehatan yang dimiliki oleh Telkom Group.

Layanan vaksinasi Imunicare yang diresmikan di Bandung pada Januari 2019 lalu, dilaksanakan pada hari Senin 12 Agustus 2019 bertempat di Vertikal Garden Telkom Landmark Tower, Jakarta, yang dibuka oleh Direktur Human Capital Management TELKOM, Bapak Edi Witjara.

Turut hadir dalam peresmian outlet pertama di Jakarta antara lain Direktur SDM dan Umum Bio Farma, Disril Revolin Putra, perwakilan Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes, perwakilan Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dalam hal ini diwakili oleh dr. Anas Ma'ruf, MKM (Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno – Hatta), dr. Asjikin Imam Hidayat Dachlan, MHA (Widyaiswara Ahli Utama Balai Besar Pelatihan Kesehatan Kemenkes), Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM (perwakilan PAPDI), dr. Jefri Hasurungan Sitorus, M.Kes (Kepala KKP Kelas I Tanjung Priok).

Bio Farma sebagai BUMN yang 100% sahamnya milik pemerintah serta satu-satunya produsen vaksin dan antisera yang ada di Indonesia, dengan produk – produk yang sudah mendapatkan PQ WHO, membuat perusahaan yang pada Agustus 2019 ini berusia 129 tahun, mendapatkan kepercayaan di lebih dari 140 negara, dengan 50 diantaranya adalah negara Islam. Dengan kapasitas produksi sebanyak 3,2 milyar dosis per tahun, 50% dari kapasitas tersebut, diprioritaskan untuk kebutuhan Program Imunisasi Nasional dari Kemenkes RI, dan sisa kapasitasnya, diekspor melalui jalur WHO, UNICEF, dan PAHO maupun kerjasama bilateral.

Dalam sambutannya, Disril Revolin Putra mengatakan, dengan filosofi Dedicated to Improve Quality of Life, Bio Farma memiliki dua peran yang strategis yaitu, penyedia vaksin yang berkualitas untuk kebutuhan nasional, serta berperan aktif meningkatkan ketersediaan dan kemandirian produksi vaksin di negara-negara berkembang dan negara-negara Islam untuk menjaga keamanan kesehatan global (Global Health Security). Sebagai BUMN, kehadirannya harus dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Indonesia, baik masyarakat yang ada di kota – kota besar, maupun yang berada di pedalaman.

Sejak akhir Januari 2019 yang lalu, Bio Farma mengembangkan layanan vaksinasi bernama Imunicare, dengan motto “Solution to Immunity”, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan vaksinasi yang lengkap dan nyaman, serta membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan cakupan Imunisasi Dewasa.

“Tujuan kami terjun ke pasar retail dimana sebelumnya kami bermain untuk sector B2B, B2G, adalah untuk mendekatkan pelayanan vaksinasi yang kami miliki, langsung kepada end user dalam hal ini masyarakat, ditambah lagi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatannya, kemudian kami ingin meningkatkan access to medicine bagi masyarakat sehingga dapat membantu untuk meningkatkan cakupan imunisasi dewasa”, Ujar Disril.

Disril menambahkan, Bio Farma sebagai BUMN harus hadir untuk negeri, dan keberadaannya dapat dirasakan di tengah – tengah masyarakat dengan turut serta menciptakan masyarakat yang sehat, dari generasi ke generasi sesuai dengan filosofi Bio Farma.

Dalam akhir sambutannya, Disril mengucapkan apresiasi kepada Telkomedika sebagai mitra Imunicare.

Sementara itu Manager Layanan Imunicare, Erwin Setiawan mengatakan, Imunicare dengan moto “Solution to Immunity” mengajak klinik, rumah sakit dan tempat praktik, untuk melakukan kemitraan dengan Imunicare, “Dengan menjadi bagian Imunicare, calon mitra akan mendapatkan benefit antara lain beberapa pelatihan standar pelayanan vaksinasi, yang dimulai dari vaksin diterima sampai vaksin diberikan kepada masyarakat, termasuk pelatihan yang terkait dengan produk seperti sistem rantai dingin (Cold Chain System), pengolahan limbah, dukungan informasi dan teknologi. Terutama mengenai product knowledge termasuk Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) kepada tenaga medis," ungkap Erwin.

Klinik vaksinasi Imunicare yang merupakan hasil kolaborasi dengan Telkomedika akan menyediakan beberapa vaksin dasar dan dewasa, seperti vaksin meningitis dan flu bagi calon jemaah umrah, serviks, dan beberapa vaksin lainnya dengan harga yang terjangkau serta jaminan keaslian produknya. Akhir Juli 2019 yang lalu, Imunicare juga diresmikan di kota Makassar, pada awal Agustus lalu Imunicare dibuka di kota Medan dan pada akhir Agustus 2019 mendatang akan di buka di Denpasar. (Yanis)

Berita Terkait