Bio Farma Edukasi Hidup Sehat 400 Santri Jawa Timur



Bandung,Beritainspiratif.com - Bio Farma kembali menggelar Road Show Santri Sehat yang dilaksanakan pada 18 – 19 Oktober 2019, di Provinsi Jawa Timur.

Sebanyak 400 santri dari Pesantren Bustamul Makmur Kebonrejo, Genteng, Banyuwangi dan pesantren Al Hikmah Bahrul Ulum Jombang, mendapatkan paparan mengenai gaya hidup sehat. Salah satunya melalui pemberian vaksin, sebagai bentuk pencegahan penularan penyakit.

Roadshow Santri Sehat merupakan acara rutin yang dilaksanakan oleh Bio Farma sejak tahun 2014, dengan agenda sosialisasi ke pesantren untuk memberikan gambaran mengenai pentingnya gaya hidup sehat kepada generasi muda.

Diharapkan peserta roadshow santri sehat ini, meneruskan informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan melalui pemberian vaksinasi kepada keluarga dan masyarakat yang lebih luas.

Head of Corporate Comumunications Bio Farma Iwan Setiawan mengatakan, tujuan dari roadshow ini adalah memberikan edukasi dan pengertian mengenai gaya hidup sehat dan pentingnya pemberian vaksinasi sebagai salah satu upaya pencegahan penularan penyakit.

“Roadshow santri sehat, sudah dimulai sejak tahun 2014. Diawali dari pesantren - pesantren yang ada di Provinsi Jawa Barat. Sejak tahun 2017, kami melebarkan cakupan sosialisasi ini ke pesantren – pesantren yang ada di prov Jawa Tengah, D.I Yogyakarta dan Jawa Timur," kata Iwan Setiawan dalam rilisnya Minggu (20/10/2019).

Pemilihan pesantren dalam road show ini lanjut Iwan, dikarenakan pada masa mendatang para santri ini akan menjadi tokoh masyarakat, atau tokoh agama, yang bisa membawa perubahan dan sebagai agent of change mengenai paradigma menjaga kesehatan melalui pencegahan.

Iwan menambahkan, kelanjutan dari roadshow ini adalah pertemuan dengan tokoh pemimpin pondok pesantren yang berada di Jawa Timur November 2019 mendatang di kota Surabaya.

Selain edukasi mengenai santri sehat, para santri tersebut juga mendapat pelatihan menulis, dari jurnalis salah satu media.

Pelatihan menulis jurnalistik ini sebagai upaya untuk membangun kepercayaan diri dan bekal untuk mereka saat memberikan dakwah, salah satunya adalah melalui penulisan.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Bustanul Hikmah Makmur, KH Lukman Hakim menyambut baik kedatangan tim Bio Farma, karena dengan adanya edukasi ini santri menjadi lebih peduli untuk lebih menjaga kesehatannya selama mereka mondok di pesantren maupun saat mereka ada di tengah - tengah masyarakat,

”Alhamdulillah santri kami bisa lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan sedari dini, dan mengetahui bagaiman caranya untuk meredam penyebaran penyakit”, Ujar KH Lukman Hakim.

Senada dengan KH Lukman Hakim, Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah Bahrul Ulum KH Abdullah Rofin mengatakan, santri harus sehat karena sehat menjadi kunci ketika akan berdakwah.

"Kesahatan merupakan kunci yang penting untuk para santri. Dengan fisik yang prima santri bisa berdakwah lebih baik lagi, baik dakwah secara langsung maupun melalui tulisan", Ujar KH Abdullah Rofin.

Dalam kegiatan Roadshow ini, Bio Farma memberikan bantuan kepada pesantren Bustanul Makmur dan Al Hikmah Bahrul Ulum, berupa Fasilitas Pendidikan dan Pembangunan Pesantren. (Ida)

Berita Terkait